SILABUS 1
NAMA SEKOLAH : SMK Negeri 11 Semarang
MATA PELAJARAN : Dasar Kompetensi Kejuruan Multimedia
KELAS/SEMESTER : X / 1
STANDAR KOMPETENSI : Merakit PC
KODE KOMPETENSI : -
ALOKASI WAKTU : 48 X 45 menit
KOMPETENSI DASAR INDIKATOR MATERI PEMBELAJARAN KEGIATAN PEMBELAJARAN PENILAIAN ALOKASI WAKTU SUMBER BELAJAR
TM PS PI
1. Merencanakan kebutuhan dan spesifikasi Daftar kebutuhan dan spesifikasi komputer telah tersedia
Buku manual dan petunjuk pengoperasian komponen telah tersedia
Jenis-jenis peralatan / komponen pada PC serta spesifikasi masing-masing Memilih peralatan/ komponen PC secara teliti.
Menjelaskan diagram blok komputer dan fungsi masing-masing
Menjelaskan jenis-jenis piranti input dan output serta spesifikasi dan perkembangannya Menjelaskan jenis-jenis piranti proses serta spesifikasi dan perkem-bangannya.
Membuat daftar rencana kebutuhan dan spesifikasi PC
Menjelaskan fungsi Pheriferal yang sudah terintegrasi pada sebuah PC Tes Tertulis
Tes Lisan
Tes Praktek
Produk
Pengamatan/ Observasi
2 4(8) - Buku Konsep hardware PC
Katalog Pheriferal PC
Pheriferal PC
2. Menginstalasi komponen PC Prosedur / SOP perakitan disiapkan
Peralatan instalasi (tools kit) disiapkan
Perangkat yang ingin diinstalasi diuji sesuai dengan manual tiap-tiap komponen
Perangkat PC dirakit menggunakan prosedur, cara/metode dan peralatan yang sudah ditentukan Langkah-langkah perakitan komputer serta prosedur dan keselamatan kerja pada saat merakit komputer
Melaksanakan Keamanan dan Keselamatan Kerja (K3) dalam pengopera-sian peralatan
Memperlihatkan sikap cermat dan teliti dalam menerapkan prosedur perakitan PC
Menjelaskan prosedur baku perakitan
Menguraikan karakteris-tik dan tata cara penanganan tiap-tiap komponen PC
Menguji komponen-komponen PC sesuai dengan buku manual
Menginstalasi komponen PC Tes Tertulis
Diskusi
Tes Praktek
Pengamatan/ observasi 4 8(16) -- Buku Konsep hardware PC
Katalog Pheriferal PC
Pheriferal PC
Manual Pheriferal PC
3. Mengatur komponen PC menggunakan software (melalui setup BIOS dan aktifasi komponen melalui sistem operasi) Komponen PC (misal VGA dan Sound Card On Board) diatur menggunakan software, baik yang me-rupakan software bawaan ataupun melalui BIOS, sesuai dengan buku manual tiap-tiap komponen Jenis-jenis BIOS
Menu pada BIOS dan fungsi masing-masing Mengikuti prosedur dalam pengaturan BIOS
Mengidentifikasi komponen PC yang membutuhkan aktivasi melalui BIOS
Melakukan setting BIOS pada berbagai jenis PC. Tes Tertulis
Diskusi
Tes Praktek 4 8(4) - Buku Konsep hardware PC
Katalog Pheriferal PC
Pheriferal PC
Manual Pheriferal PC
4. Menyambung / memasang periferal (secara fisik) dan setting periferal menggunakan software Periferal dipasang / disam-bung sesuai dengan SOP
Periferal disetting dengan software spesifik sesuai dengan buku manual Jenis-jenis dan fungsi periferal standard
Jenis dan fungsi perangkat identifikasi modern (misal : barcode, finger scan, retina scan)
Jenis, fungsi dan prinsip kerja perangkat
penyimpanan modern (misal : flash disk, DVD Ram, card reader, CD RW, DVD RW)
Jenis, fungsi dan prinsip kerja perangkat komunikasi (misal : modem, IrDA, WiFi, Bluetooth)
Cara memasang periferal pada PC
Cara mensetting periferal pada PC
Mengikuti prosedur pemasangan periferal pada PC
Menguraikan jenis dan fungsi periferal yang digunakan pada PC
Memasang periferal pada PC
Mensetting periferal pada PC
Menjelaskan jenis dan fungsi periferal standar
Menjelaskan jenis dan fungsi perangkat identifikasi dan modem
Mendiskusikan jenis, fungsi, dan prinsip kerja macam-macam perangkat penyimpanan
Menjelaskan cara memasang perangkat periferal pada PC
Menjelaskan cara mensetting periferal pada PC Tes Tertulis
Tes Lisan
Tes Praktek
Produk
Pengamatan/ Observasi
4 8(16) - Buku Konsep hardware PC
Katalog Pheriferal PC
Pheriferal PC
Manual Pheriferal PC
Toolkit
5. Memeriksa hasil perakit-an PC dan pemasangan periferal Hasil perakitan PC dan pema-sangan periferal diidentifikasi
Perakitan, jenis komponen dan setting yang dilakukan dicatat dan dilaporkan sesuai dengan SOP yang berlaku.
PC yang telah dirakit diuji tampilan dan berfungsi dengan baik
PC dapat digunakan sesuai dengan kriteria unjuk kerja
pada unit kompetensi HDW.OPR.101.(1).A atau HDW.OPR.102.(1).A
Periferal dapat digunakan sesuai dengan kriteria unjuk kerja pada unit kompetensi HDW.OPR.105.(1).A
Hasil yang diperoleh pada pemeriksaan hasil pera-kitan PC dan pemasangan periferal dilaporkan sesuai dengan format dan pro-sedur yang telah ditetap-kan (pada log-sheet / report-sheet). Cara identifikasi hasil perakit-an PC dan pemasangan periferal Mengikuti aturan dalam pengujian PC dan periferal
Menjelaskan tujuan, produk, prosedur dan cara penggunaan per-alatan untuk diagnosis
Memeriksa hasil pera-kitan PC
Memeriksa hasil pema-sangan periferal
Menguji PC yang telah dirakit
Mengecek PC yang digunakan
Mengecek kinerja dari PC yang digunakan
Mengecek kegunaan periferal apakah sudah sesuai dengan fungsinya
Mengecek hasil pemeriksaan yang telah dilakukan pada perakitan PC
Melaporkan hasil pemesangan periferal pada PC
Mengisi Report Sheett, log sheet Tes Tertulis
Tes Lisan
Tes Praktek
Pengamatan/ Observasi
2 4(8) - Buku Konsep hardware PC
Katalog Pheriferal PC
Pheriferal PC
Manual Pheriferal PC
Multimeter
SILABUS . 2
NAMA SEKOLAH : SMK Negeri 11 Semarang
MATA PELAJARAN : Dasar Kompetensi Kejuruan Multimedia
KELAS/SEMESTER : X / 1
STANDAR KOMPETENSI : Melakukan Instalasi Sistem operasi Dasar
KODE : -
ALOKASI WAKTU : 24 X 45 menit
KOMPETENSI DASAR INDIKATOR MATERI PEMBELAJARAN KEGIATAN PEMBELAJARAN PENILAIAN ALOKASI WAKTU SUMBER BELAJAR
TM PS PI
1. Mempersiapkan instalasi sistem operasi berbasis GUI
Paket instalasi sistem operasi yang legal disediakan dalam media penyim-panan yang sesuai (HD, CD, FD, DVD atau media lainnya).
Installation Manual sistem operasi sudah disediakan dan dipahami
Perangkat komputer sudah dinyalakan, dengan persyaratan hardware sesuai dengan Installation Manual
Media paket instalasi sistem operasi dipasang dan siap diakses.
Log-sheet/report-sheet telah disiapkan
Konsep dasar instalasi sistem operasi berbasis GUI
Konsep dasar manajemen media penyimpan
Jenis-jenis sistem operasi berbasis GUI
Jenis dan cara pengaturan BIOS
Jenis-jenis file dan aplikasinya
Memilih sistem operasi yang akan diinstall secara teliti
Menjelaskan konsep dasar sistem operasi berbasis GUI.
Mengidentifikasi jenis-jenis media penyimpan yang sesuai untuk instalasi sistem operasi berbasis GUI
Memasang media paket instalasi sistem operasi
Mengatur BIOS.
Mengidentifikasikan jenis-jenis file yang digunakan dalam instalasi sistem operasi. Menyediakan perang-kat komputer dengan konfigurasi hardware yang sesuai untuk instalasi sistem operasi berbasis GUI Tes Tertulis
Tes Praktek
Pengamatan/ Observasi
2 4(8) - Buku Manual Sistem Operasi
Source Sistem Operasi
Komputer
2. Melaksanakan instalasi sistem operasi sesuai installation manual
Proses instalasi sistem operasi sesuai installation manual sudah dilaksanakan
Seluruh file, icon, folder dan konfigurasi telah ter-copy dan terkonfigurasi
Pada layar muncul pesan bahwa proses instalasi telah berhasil dilaksanakan sesuai dengan installation manual Langkah instalasi sistem operasi
Instalasi driver periferal pendukung (misal : motherboard, vga, sound, nic, dan lain-lain)
Pengaturan konfigurasi pada sistem operasi (Misal : pengaturan user, time zone, dan lain-lain) Melaksanakan Keaman-an dan Keselamatan Kerja (K3) dalam instalasi sistem operasi
Menjelaskan langkah-langkah instalasi sistem operasi
Menjelaskan file, icon dan folder konfigura-si pada sistem operasi berbasis GUI
Mempersiapkan media instalasi untuk sistem operasi (mempartisi, memformat, dan lain-lain)
Menginstall sistem operasi berbasis GUI
Mengatur konfigurasi sistem operasi
Menginstall multi sistem operasi pada sebuah PC Tes Tertulis
Tes Praktek
Produk
Pengamatan/ Observasi
2 4(8) - Buku Manual Sistem Operasi
Source Sistem Operasi
Komputer
3. Mengecek hasil instalasi dengan menjalankan sistem operasi dan me-lakukan troubleshooting sederhana
Sistem operasi dijalankan secara sampling tanpa error
Sistem operasi ditutup tanpa error
Troubleshooting dilakukan sesuai Installation Manual
Mengoperasikan sistem operasi
Jenis-jenis troubleshooting pada sistem operasi
Mengecek hasil instalasi secara teliti dan tidak terburu-buru
Menjelaskan langkah-langkah pengoperasian sistem operasi, ter-masuk menjalankan dan menutup sistem operasi
Menjelaskan langkah-langkah penanganan terhadap trouble-shooting yang terjadi pada sistem operasi
Mengecek hasil instalasi sistem operasi Tes Tertulis
Tes Praktek
Diskusi
Pengamatan/ Observasi
2 4(8) - Buku Manual Sistem Operasi
Source Sistem Operasi
Komputer
4. Melaporkan hasil instalasi
Laporan dibuat sesuai dengan format dan prosedur yang ditetapkan oleh perusahaan (pada log-sheet/ report-sheet)
Jenis laporan hasil instalasi Menguraikan langkah-langkah penyusunan laporan
Menyusun laporan instalasi Tes Tertulis
Diskusi
Mengisi Log Sheet
2 4(8) - Buku Manual Sistem Operasi
SILABUS. 1
NAMA SEKOLAH : SMK Negeri 11 Semarang
MATA PELAJARAN : Produktif Multimedia
KELAS/SEMESTER : -
STANDAR KOMPETENSI : Menerapkan Keselamatan Kerja dan Lingkungan Hidup
KODE KOMPETENSI : -
ALOKASI WAKTU : 21 X 45 menit
KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR MATERI PEMBELAJARAN KEGIATAN PEMBELAJARAN PENILAIAN ALOKASI WAKTU SUMBER BELAJAR
TM PS PI
1. Mengikuti prosedur lingkungan kerja tentang kesehatan, keselamatan dan keamanan Prosedur kesehatan, keselamatan dan keamanan dipatuhi dalam hubungannya dengan kebijakan organisasi legislasi yang relevan, persyaratan asuransi, dan rencana keamanan dimana sesuai.
Identifikasi dan sesegera mungkin melaporkan pelanggaran prosedur kesehatan, keselamatan dan keamanan.
Bekerja dengan aman dan dipastikan bahwa semua aktivitas kerja dilakukan dengan cara yang aman dan tidak menimbulkan bahaya bagi rekan sekerja atau masyarakat. Kesehatan, keselamatan dan keamanan kerja Mempelajari prinsip-prinsip kesehatan, keselamatan dan keamanan kerja dengan benar.
Mengidentifikasi hal-hal yang dapat menyebabkan gangguan pada kesehatan, keselamatan dan keamanan diri yang terdapat pada lingkungan kerja dengan cermat.
Menerapkan prosedur kesehatan, keselamatan dan keamanan kerja di lingkungan kerja dengan benar
Mempelajari kebijakan organisasi dalam kaitannya dengan penerapan kesehatan, keselamatan dan keamanan kerja di lingkungan kerja dan persyaratan asuransi dengan cermat
Mengidentifikasi pelanggaran yang terjadi pada saat penerapan prosedur kesehatan, keselamatan dan keamanan kerja
Melaporkan pelanggaran yang terjadi pada saat penerapan prosedur kesehatan, keselamatan dan keamanan kerja
Memastikan bahwa aktifitas kerja yang akan dilakukan tidak menimbulkan gangguan pada kesehatan, keselamatan dan keamanan kerja baik untuk diri sendiri maupun orang sekitar dan lingkungan kerja Ujian tulis
Ujian lisan
Observasi 2 4(8) Buku panduan kesehatan, keselamatan dan keamanan kerja
Kebijakan organisasi
2. Keadaan darurat Dikenali situasi darurat dan yang potensial untuk menjadi darurat, serta ditentukan dan diambil langkah yang diperlukan dalam jangkauan tanggung jawab individu.
Prosedur darurat diikuti dalam hubungannya dengan prosedur organisasi.
Dicari bantuan dari kolega dan atau pihak berwenang yang lain bila dinilai perlu
Detail situasi darurat dilaporkan secara akurat sebagaimana dibutuhkan dalam hubungannya dengan kebijakan organisasi. Keadaan darurat Mengenali situasi darurat dan situasi yang berpotensial menyebabkan gangguan pada kesehatan, keselamatan dan keamanan kerja dengan cermat
Menentukan dan mengambil langkah-langkah yang diperlukan jika terjadi gangguan pada kesehatan, keselamatan dan keamanan kerja sebatas kewenangan individu.
Mengikuti prosedur darurat sesuai dengan prosedur yang telah ditetapkan oleh organisasi dengan benar
Mencari bantuan dari kolega atau pihak yang berwenang dalam menangani keadaan darurat bila dinilai perlu
Melaporkan detail situasi darurat ke pihak yang berwenang sesuai dengan kebijakan organisasi dengan akurat Ujian tulis
Ujian lisan
Observasi 2 4(8) 3(12) Buku panduan kesehatan, keselamatan dan keamanan kerja
Kebijakan organisasi
3. Memelihara standar keamanan pribadi Digunakan pakaian keamanan sesuai, sepatu dan perlengkapan perlindungan pribadi.
Pengukuran dilakukan untuk mencegah luka atau kerusakan yang berhubungan dengan aktivitas tempat kerja dan mengontrol bahaya tempat kerja.
Dilakukan semua penanganan manual dalam hubungannya dengan persyaratan legal, kebijakan perusahaan dan panduan kesehatan dan keselamatan nasional.
Bantu mempertahankan lingkungan kerja dalam kondisi yang aman. Standar keamanan pribadi Menggunakan pakaian dan perlengkapan perlindungan pribadi sesuai dengan prosedur yang berlaku di lingkungan kerja
Melakukan pengukuran untuk mencegah luka atau kerusakan yang berhubungan dengan aktivitas tempat kerja dan mengontrol bahaya tempat kerja
Melakukan semua penanganan manual dalam hubungannya dengan persyaratan legal, kebijakan perusahaan dan panduan kesehatan dan keselamatan nasional.
Membantu mempertahankan lingkungan kerja dalam kondisi yang aman. Ujian tulis
Ujian lisan
Observasi 1 4(8) Buku panduan kesehatan, keselamatan dan keamanan kerja
Kebijakan organisasi
4. Menyediakan umpan balik pada kesehatan, keselamatan dan keamanan Identifikasi isu kesehatan dan keselamatan tempat kerja yang membutuhkan perhatian.
Ditingkatkan isu kesehatan dan keselamatan yang berhubungan dengan pekerjaan dengan orang yang didesain dalam hubungannya dengan persyaratan organisasi dan legislasi. Umpan balik pada kesehatan, keselamatan dan keamanan kerja Mengidentifikasi isu kesehatan dan keselamatan tempat kerja yang membutuhkan perhatian dengan cermat.
Meningkatkan isu kesehatan dan keselamatan yang berhubungan dengan pekerjaan dengan orang yang didesain dalam hubungannya dengan persyaratan organisasi dan legislasi dengan benar. Ujian tulis
Ujian lisan
Observasi 1 Buku panduan kesehatan, keselamatan dan keamanan kerja
Kebijakan organisasi
SILABUS .2
NAMA SEKOLAH : SMK Negeri 11 Semarang
MATA PELAJARAN : Produktif Multimedia
KELAS/SEMESTER : X/1
STANDAR KOMPETENSI : Memahami Etimologi Multimedia
KODE KOMPETENSI : -
ALOKASI WAKTU : 10 X 45 menit
KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR MATERI PEMBELAJARAN KEGIATAN PEMBELAJARAN PENILAIAN ALOKASI WAKTU SUMBER BELAJAR
TM PS PI
1. Mendefinisikan dan mengkategorikan tentang multimedia Multimedia didefinisikan menurut etimologi (berdasarkan kamus/ensiklopedi) secara benar.
Multimedia didefinisikan menurut terminologi Teknologi Informasi dan Komunikasi (peristilahan di bidang komputer) secara tepat. Istilah multimedia menurut etimologi bahasa.
Istilah multimedia menurut terminologi ICT. Mendefinisikan multimedia menurut: etimologi (kamus/ensiklopedia).
Mendefinisikan multimedia menurut terminologi teknologi informasi dan komunikasi. Ujian lisan 2 - - Ensiklopedi
Internet
Kamus Bahasa Inggris
Kamus ICT
SKN Multimedia & Audio Visual 2004
2. Mengidentifikasi multimedia content production Multimedia dikategorikan menjadi 2 definisi turunan berdasarkan mediumnya secara tepat.
Multimedia Content Production didefinisikan secara benar.
5 dari 7 produk multimedia dapat diidentifikasi dan dijelaskan manfaatnya secara benar. Produksi konten multimedia (multimedia content production). Mengkategorikan multimedia menjadi:
1) multimedia content production, dan
2) multimedia communication.
Mendefinisikan produksi konten multimedia (multimedia content production).
Mengidentifikasikan 7 produk konten multimedia:
1) Media teks
2) Media audio
3) Media video
4) Media animasi
5) Media grafis/citra
6) Media interaktif
7) Media efek khusus Ujian lisan 4 - - Internet
SKN Multimedia & Audio Visual 2004
3. Mengidentifikasi multimedia communication Multimedia Communication didefinisikan secara benar.
7 dari 9 media yang memproduksi dan mendistribusi produk multimedia dapat diidentifikasi dan dijelaskan fungsinya secara benar. Komunikasi multimedia (multimedia communication). Mendefinisikan komunikasi multimedia (multimedia communication).
Mengidentifikasikan 9 media yang memproduksi produk multimedia:
1) TV
2) Radio
3) Film
4) Cetak
5) Musik
6) Game
7) Entertainment
8) Tutorial
9) ICT (Internet) Ujian tulis (formatif) 4 - - Internet
SKN Multimedia & Audio Visual 2004
SILABUS .3
NAMA SEKOLAH : SMK Negeri 11 Semarang
MATA PELAJARAN : Produktif Multimedia
KELAS/SEMESTER : X/1
STANDAR KOMPETENSI : Memahami Alir Proses Produksi Produk Multimedia
KODE KOMPETENSI : -
ALOKASI WAKTU : 24 X 45 menit
KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR MATERI PEMBELAJARAN KEGIATAN PEMBELAJARAN PENILAIAN ALOKASI WAKTU SUMBER BELAJAR
TM PS PI
1. Mengilustrasikan proses Pre Production multimedia 3 sub proses di dalam alir proses produksi multimedia dapat dijelaskan secara tepat.
Proses pre production (pra produksi) multimedia diilustrasikan secara sekuensial dan benar mulai concept defininition sampai dengan client sign-off and funding. Alir proses (life cycle) produksi produk multimedia.
Proses pra produksi (pre production) multimedia. Mengilustrasikan alir proses (life cycle) produksi produk multimedia dengan 3 sub proses:
1) Pre production
2) Production
3) Post production
Mengilustrasikan proses pre production secara sekuensial:
1) Concept definition
2) Design
3) Production plan
4) Documentation
5) Assemble team
6) Building prototype
7) Clear right
8) Client sign-off and funding Ujian lisan
Simulasi 2 6 - Internet
SKN Multimedia & Audio Visual 2004
2. Mengilustrasikan proses Production multimedia Proses production (produksi) multimedia diilustrasikan secara sekuensial dan benar mulai content creation sampai dengan build beta version. Proses produksi (production) multimedia. Mengilustrasikan proses production secara sekuensial:
1) Content creation
2) Content processing
3) Software creation
4) Integration of content and software
5) Revise design
6) Freeze design
7) Revise content and software according to final design
8) Build Alpha version
9) First testing
10) Evaluation
11) Revise software and content based on evaluation
12) Build Beta version Simulasi 2 8 - Internet
SKN Multimedia & Audio Visual 2004
3. Mengilustrasikan proses Post Production multimedia Proses post production (purna produksi) multimedia diilustrasikan secara sekuensial dan benar mulai beta testing sampai dengan archive all production material. Proses purna produksi (post production) multimedia. Mengilustrasikan proses post production secara sekuensial:
1) Beta testing
2) Evaluation
3) Revise software and content
4) Release Golden Master
5) Archive all production material Makalah studi kasus (formatif) 2 4 - Internet
SKN Multimedia & Audio Visual 2004
SILABUS. 4
NAMA SEKOLAH : SMK Negeri 11 Semarang
MATA PELAJARAN : Produktif Multimedia
KELAS/SEMESTER : X/1
STANDAR KOMPETENSI : Merawat peralatan multimedia
KODE KOMPETENSI : -
ALOKASI WAKTU : 6 x 45 menit
KOMPETENSI DASAR INDIKATOR MATERI PEMBELAJARAN KEGIATAN PEMBELAJARAN PENILAIAN ALOKASI WAKTU SUMBER BELAJAR
TM PS PI
1. Menjelaskan langkah-langkah perawatan multimedia
Secara berkala pekerjaan dilakukan untuk memastikan perlengkapan pada kondisi pekerjaan yang optimal
Perlengkapan dan asesoris dibersihkan dan dirawat sesuai dengan persyaratan perusahaan dan instruksi perawatan
Cadangan dan persediaan diperiksa dan diganti sesuai dengan persyaratan perusahaan dan instruksi pabrik
Keamanan perlengkapan diperikasa sesuai instruksi pabrik.
Perawatan peralatan produksi multimedia Memastikan perlengkapan dan peralatan produksi multimedia pada kondisi kerja yang optimal dengan teliti
Membersihkan dan merawat perlengkapan serta asesoris peralatan produksi multimedia dengan cermat, sesuai dengan persyaratan perusahaan dan manual perawatan
Memeriksa dengan teliti cadangan dan persediaan perlengkapan serta asesoris peralatan produksi multimedia.
Mengganti cadangan dan persediaan perlengkapan serta asesoris peralatan produksi multimedia sesuai dengan persyaratan perusahaan dan instruksi pabrik.
Memeriksa dengan teliti keamanan perlengkapan serta asesoris peralatan produksi multimedia sesuai instruksi pabrik.
Ujian tulis
Ujian praktik 3 6(12) 1(4) Kabel
Isolasi
Steker
Pengapit mekanis
Buku penunjang
Internet
2. Membuat kartu perawatan peralatan multimedia Dicatat dan dilaporkan status dari seluruh komponen yang dicek, dirawat dan atau diganti
Aktifitas perawatan rumit pada teknisi khusus diacukan dengan berkonsultasi pada orang-orang yang relevan
Dokumentasi perawatan dilengkapi sesuai dengan prosedur perawatan dan menyediakan salinan untuk orang-orang yang relevan kartu perawatan peralatan multimedia Mencatat seluruh komponen yang dicek, dirawat dan atau diganti dengan teliti.
Melaporkan seluruh komponen yang dicek, dirawat dan atau diganti dengan benar.
Menyerahkan perawatan peralatan yang rumit kepada teknisi khusus dengan mengkonsultasikan terlebih dahulu ke orang yang relevan
Mendokumentasikan perawatan sesuai dengan prosedur perawatan dan menyediakan salinan untuk orang-orang yang relevan Ujian tulis
Ujian praktik 3 6(12) 1(4) Kartu perawatan
Pengapit mekanis
Buku penunjang
Internet
SILABUS 1
NAMA SEKOLAH : SMK NEGERI 11 SEMARANG
MATA PELAJARAN : Multimedia
KELAS/SEMESTER : X / 2
STANDAR KOMPETENSI : Memperbarui Halaman Web
KODE KOMPETENSI :
ALOKASI WAKTU :
KOMPETENSI DASAR INDIKATOR MATERI PEMBELAJARAN KEGIATAN PEMBELAJARAN PENILAIAN ALOKASI WAKTU SUMBER BELAJAR
TM PS PI
1. Memeriksa informasi untuk relevansi dan keterkinian Konfirmasi kekerapan revisi situs dengan personil terkait
Didapatkan materi content tambahan dan revisi dalam bentuk elektronik dari klien
Konfirmasi dengan personil terkait batasan umur dari links yang harus dipertahankan atau dihapus
Konfirmasi dengan personil terkait mengenai revisi lainnya bila perlu Penyajian informasi pada halaman web
Kriteria halaman web yang baik Mengakses halaman web klien dengan software yang telah ditentukan dengan baik dan benar
Mencermati informasi yang tersaji pada halaman web
Mengamati target links (pranala) luar yang terdapat pada halaman web
Membandingkan konten/isi halaman web dengan tujuan pembuatan halaman web
Mengidentifikasi kebutuhan akan penambahan dan atau pengurangan obyek yang terdapat pada halaman web Observasi
Ujian lisan
Ujian tulis
Ujian praktek 3 4(8) 2(8) Buku tentang web design
Website
Internet
Software pendukung
Komputer
2. Memeriksa links dan navigasi Dipilih software link-checking yang tepat, menjalankannya untuk menguji links dan memeriksa currency links yang ada
Dokumen laporan disimpan sesuai dengan persyaratan teknis dan organisasi Pemeriksaan links (pranala) yang terdapat pada halaman web baik yang ke dalam maupun ke luar
Kriteria navigasi yang baik
Pelaporan target links dan keterkinian target links Mengakses halaman web klien dengan software yang telah ditentukan dengan baik dan benar
Memilih software link-checking yang tepat dan sesuai tujuan
Mengoperasikan software link-checking sesuai dengan aturan penggunaan
Mengidentifikasi target links yang terdapat pada halaman web klien, baik yang ke dalam maupun yang ke luar dengan cermat
Mengakses obyek navigasi dan membandingkan dengan kriteria navigasi yang baik secara cermat dan teliti
Membuat laporan tertulis tentang hasil pengidentifikasian links dan pengamatan obyek navigasi dengan rapi Observasi
Ujian lisan
Portofolio
Simulasi
Ujian praktek 3 4(8) 2(8) Buku tentang web design
Website
Internet
Software pendukung
Komputer
3. Mengedit informasi sesuai kebutuhan Links yang cacat atau gagal diperiksa untuk menentukan penutupan situs atau tempat situs baru
Closed links ditiadakan dan dibuka situs links baru jika memungkinkan
Page links internal diperiksa dan diralat sesuai kebutuhan
Links yang tidak digunakan dihapus bila perlu
Content material disisipkan dan diedit bila perlu
Dibuat revisi heading, typographical dan image yang diperlukan
Disisipkan halaman tambahan yangdiperlukan, memastikan links dibuat dengan benar dalam struktur situs
Saran pada personil terkait bila diperlukan button, interface atau desain navigasi baru untuk membuat materi tambahan Pengubahan konten/isi halaman web
Pengaturan ulang tampilan/ layout halaman web Mengakses halaman web klien dengan software yang telah ditentukan dengan baik dan benar
Mengidentifikasi links yang cacat/mati pada halaman web dengan teliti
Mendaftar alamat2 website yang perlu ditambahkan dengan rapi
Masuk ke panel administrasi halaman web klien sesuai dengan prosedur yang telah ditetapkan
Memperbaiki dan atau menghapus links yang cacat/mati dengan benar
Menambahkan links yang telah didaftar dan disepakati oleh klien ke bagian tertentu pada halaman web
Menambahkan informasi sesuai dengan keinginan klien
Mengatur ulang links sesuai dengan struktur web yang benar
Bila diperlukan, mendesain ulang tampilan halaman web baik sebagian maupun secara menyeluruh
Keluar dari panel administrasi halaman web klien sesuai dengan prosedur yang telah ditetapkan Observasi
Ujian lisan
Portofolio
Ujian tulis
Ujian praktek 3 10(20) 10(40) Buku tentang web design
Website
Internet
Software pendukung
Komputer
4. Menguji dan memastikan perubahan-perubahan Semua links yang valid diperiksa sebelum meminta klien memeriksa semua perubahan content dan mengkonfirmasikan bahwa perubahan tersebut valid
Klien disediakan laporan lengkap mengenai semua perubahan yang dibuat Pengujian dan pengecekan halaman web hasil pengubahan
Pelaporan hasil pengubahan halaman web klien Mengakses halaman web klien dengan software yang telah ditentukan dengan baik dan benar
Mengamati dan menguji tampilan, isi dan links hasil pengubahan dengan cermat dan teliti baik pada webserveryang terdapat pada komputer lokal maupun yang terdapat di internet
Membuat laporan tertulis hasil pengamatan dan pengujian halaman web dengan rapi
Melaporkan hasil pengubahan halaman web ke klien bila diperlukan Ujian lisan
Portofolio
Observasi
Ujian tulis
Ujian praktek 3 6(12) 4(16) Buku tentang web design
Website
Internet
Software pendukung
Komputer
NAMA SEKOLAH : SMK N 11 SEMARANG SILABUS. 2
MATA PELAJARAN : Multimedia
KELAS/SEMESTER : X/1
STANDAR KOMPETENSI : Menerapkan teknik pengambilan gambar produksi
KODE KOMPETENSI : -
ALOKASI WAKTU : 48 x 45 menit
KOMPETENSI DASAR INDIKATOR MATERI PEMBELAJARAN KEGIATAN PEMBELAJARAN PENILAIAN ALOKASI WAKTU SUMBER BELAJAR
TM PS PI
1. Memilih dan menyiapkan bahan dan peralatan kamera Konfirmasi peralatan dan syarat stok untuk pengambilan gambar
Mendapatkan dan membersihkan peralatan serta dipastikan bahwa kamera tersebut berfungsi
Kesalahan dan kerusakan dikenali dan dilaporkan pada teknisi khusus
Didapatkan stok dan bahan habis yang diperlukan dan dipastikan tersedia dalam jumlah yang cukup untuk kebutuhan pembuatan film serta ditempatkan pada lokasi dan waktu yang tepat untuk pembuatan film Pengidentifikasian alat sesuai kebutuhan
Pengecekan fungsi alat Mengkonfirmasikan peralatan dan syarat stok untuk pengambilan gambar dengan teliti
Mendapatkan peralatan yang tepat serta dipastikan bahwa kamera tersebut berfungsi
Membersihkan dengan teliti peralatan dan kamera
Mengenali kesalahan dan kerusakan dengan cermat pada peralatan produksi
Melaporkan kesalahan dan kerusakan peralatan kepada teknisi ahli
Mendapatkan stok bahan yang habis sebagai antisipasi ketersediaan pada waktu proses produksi Ujian praktik
Unjuk kerja
Ujian tulis 1 6 - Kamera video
Tripod
Alat tulis
Lokasi shooting
Buku penunjang
Internet
2. Mengisi dan merawat battery selama pengambilan gambar Daya listrik dipastikan tersedia dan sesuai
Charger dipastikan sesuai untuk battery yang digunakan
Battery diisi dengan aman menurut rekomendasi pabrik
Merawat battery yang sudah diisi Listrik sebagai sumber energi untuk kamera
Pengisian battery charger pada kamera Memastikan terdapat listrik pada lokasi
Memasang battery charger pada kamera sesuai prosedur
Melepaskan battery charger pada kamera sesuai prosedur
Mengisi energi (mencharge) battery charger pada kamera Ujian praktik
Unjuk kerja
Ujian Tulis
Ujian lisan 2 3 - Kamera video
Tripod
Battery charger kamera
Sumber listrik
Buku penunjang
Internet
3. Memasang atau memeriksa peralatan pendukung kamera Ditentukan syarat-syarat pendukung dan posisi kamera
Peralatan pendukung dipasang pada posisi yang sesuai dan pada ketinggian yang sesuai pula untuk mencapai camera shot yang diperlukan
Dipastikan peralatan pendukung kamera dalam keadaan aman, terhindar dari kerusakan dan sesuai dengan kamera Alat-alat pendukung fungsi kamera
Posisi alat-alat pendukung kamera Menentukan syarat-syarat pendukung dan posisi kamera dengan sesuai kebutuhan
Mengidentifikasi alat-alat pendukung kamera
Memposisikan peralatan pendukung kamera sesuai dengan kebutuhan
Memastikan posisi dari peralatan pendukung aman Ujian praktik
Ujian Tulis
Ujian lisan
Unjuk kerja 1 3 - Kamera video
Tripod
Battery charger kamera
Sumber listrik
Alat pendukung kamera yang relevan
Buku penunjang
Internet
4. Memasang kamera, lensa dan aksesoris lain Lensa dan filter kamera dipilih dan dipasang secara benar sesuai persyaratan kreatif
Aksesories kamera lain dan persyaratan khusus dipasang secara benar
Kamera diangkat dengan menggunakan teknik pengangkatan dan penanganan yang aman
Kamera diamankan untuk menghindari kerusakan Lensa dan filter kamera
Stabilisasi kamera
Teknik memegang kamera Mengidentifikasi lensa dan filter kamera secara tepat
Memasang lensa dan filter pada kamera sesuai prosedur
Memasang aksesoris kamera secara tepat
Memegang dan mengangkat kamera sesuai prosedur
Memposisikan tripod sesuai kebutuhan Ujian praktik
Ujian tulis
Ujian lisan
Unjuk kerja 1 3 - Kamera video
Lensa
Tripod
Buku penunjang
Internet
5. Menguji semua aspek operasional kamera Fungsi perekam pada video kamera diperiksa untuk mendapatkan output teknis yang akurat
Pencahayaan, warna dan aspek focus kamera diperiksa untuk mendapatkan hasil artistic dan teknis yang diinginkan
Filter yang telah dipilih diperiksa untuk memastikan bahwa filter-filter tersebut telah sesuai dengan hasil artistic dan teknis yang diinginkan Menu-menu pada kamera
Penyesuain penggunaan menu pada kamera Memeriksa fungsi perekam pada video kamera untuk mendapatkan output teknis yang akurat
Memeriksa pencahayaan, warna dan aspek focus kamera untuk mendapatkan hasil artistic dan teknis yang diinginkan
Memilih filter yang telah diperiksa untuk memastikan bahwa filter-filter tersebut telah sesuai dengan hasil artistic dan teknis yang diinginkan Ujian praktik
Ujian Tulis
Ujian lisan
Unjuk kerja 1 3 - Kamera video
Buku penunjang
Internet
6. Menyiapkan dan mengisi videotape Labelisasi semua kaset secara akurat
Pengisian dan pemeriksaan videotape kedalam kamera untuk merekam
Konfirmasi persiapan untuk pengambilan gambar dengan personel yang relevan Identifikasi kaset
Pengoperasian video tape atau kaset
Persiapan pengambilan gambar Memberikan identifikasi pada kaset dengan label secara cermat
Membuka tempat kaset pada kamera sesuai dengan prosedur
Memasukkan kaset sesuai prosedur
Koordinasi dengan tim yang relevan atau kelompok untuk memulai pengambilan gambar Ujian praktik
Ujian Tulis
Ujian lisan
Unjuk kerja 2 4 - Kamera video
Video tape
Buku penunjang
Internet
7. Framing obyek Penataan frame kamera dengan komposisi yang sesuai scenario
Konfirmasi kepada tim produksi terhadap efek psikologis komposisi gambar disesuaikan dengan kaidah estetis dan tuntutan scenario
Mengkonfirmasi angle/sudut pengambilan gambar kepada tim produksi Komposisi gambar
Efek psikologis atas komposisi
Angle dan shot size
Kontinyuitas gambar dari frame satu ke frame yang lainnya Mengidentifikasi shot size dan angle kamera
Koordinasi dengan tim produksi terhadap shot size dan angle yang dipilih Ujian tulis
Ujian praktik
Unjuk kerja 1 4 - Kamera video
Video tape
Buku penunjang
Internet
8. Mengoperasikan kamera Kamera dioperasikan menurut petunjuk dan panduan dari pabrik
Pertimbangan pada camera shots dan angles untuk memastikan bahwa pengambilan gambar mendapatkan hasil seperti yang diinginkan
Penggunaan teknik fotografi dan komposisi untuk memenuhi persyaratan kreatif
Dipastikan bahwa gerakan kamera tetap dan halus selama durasi pembuatan film
Penyesuaian dan penggerakan peralatan bila diperlukan, selama pembuatan film Prosedur pengoperasian kamera
Sudut pengambilan kamera yang sesuai
Pergerakan kamera Mengoperasikan kamera menurut petunjuk dan panduan dari pabrik
Mempertimbangkan camera shots dan angles untuk memastikan bahwa pengambilan gambar mendapatkan hasil seperti yang diinginkan
Menggunakan teknik fotografi dan komposisi yang sesuai untuk memenuhi persyaratan kreatif
Memastikan dengan teliti bahwa gerakan kamera tetap dan halus selama durasi pembuatan film
Menyesuaikan pergerakan peralatan bila diperlukan selama pembuatan film Ujian praktik
Ujian Tulis
Ujian lisan
Unjuk kerja 2 6 2 Kamera video
Tripod
Buku penunjang
Internet
9. Melepaskan kamera, aksesories dan peralatan pendukung Video kamera, aksesoris, serta pendukungnya dibongkar dan dibawa dengan menggunakan teknik pengangkatan yang aman
Semua peralatan dibersihkan dan dipak ke dalam tas untuk menghindari kerusakan dan siap untuk dipindahkan
Laporan dan dokumentasi semua peralatan yang rusak dan membutuhkan perawatan kepada personel yang relevan
Lokasi pembuatan film ditinggalkan dalam keadaan seperti sedia kala atau bahkan lebih baik, dengan kepastian bahwa tidak ada dampak buruk pada lokasi Pembongkaran aksesoris dan alat pendukung kamera secara aman
Penyimpanan aksesoris dan alat pendukung kamera pada tempatnya
Pengidentifikasian kondisi alat Melepaskan aksesoris kamera dari kamera sesuai prosedur
Melepaskan kamera dari stabilizer sesuai prosedur
Mengidentifikasi dengan teliti kondisi alat setelah pemakaian
Menyimpan kamera pada tas kamera denagn hati-hati
Menyimpan aksesoris dan stabilizer pada tempatnya
Melaporkan dan mendokumentasikan semua peralatan yang rusak dan membutuhkan perawatan kepada personel yang relevan
Merawat lokasi shooting dengan membersihkan lokasi shooting dari sampah akibat proses shootng Ujian praktik
Ujian Tulis
Ujian lisan
Unjuk kerja
Small project 1 2 - Kamera
Lensa
Tripod
Buku penunjang
Internet
SILABUS. 5
NAMA SEKOLAH : SMK Negeri 11 Semarang
MATA PELAJARAN : Produktif Multimedia
KELAS/SEMESTER : X/1
STANDAR KOMPETENSI : Menerapkan Prinsip-prinsip Seni Grafis dalam Desain Komunikasi Visual untuk Multimedia
KODE KOMPETENSI : -
ALOKASI WAKTU : 36 X 45 menit
KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR MATERI PEMBELAJARAN KEGIATAN PEMBELAJARAN PENILAIAN ALOKASI WAKTU SUMBER BELAJAR
TM PS PI
1. Mengidentifikasi kaidah estetika dan etika seni grafis (nirmana) Lima unsur seni diidentifikasi secara benar.
Faktor pembentuk komposisi estetis diidentifikasi secara tepat.
Setiap unsur seni dikomposisikan secara estetis.
Gabungan kelima unsur seni dikomposisikan secara estetis. Unsur seni
Komposisi estetis Mengidentifikasikan 5 unsur seni.
Mengidentifikasikan komposisi yang estetis.
Mengkomposisikan setiap unsur seni dalam masing-masing sebuah karya instalasi.
Mengkomposisikan gabungan kelima karya seni seni ke dalam sebuah karya instalasi.
Membahas beberapa karya instalasi komposisi pilihan. Karya instalasi 2 2 - Media massa dan elektronik
Buku penunjang yang relevan
Internet
2. Men-sketsa Sketsa didefinisikan secara benar.
Bentuk-bentuk benda mati disketsa dengan cepat.
Makhluk hidup disketsa secara cepat.
Suasana keramaian disketsa secara cepat.
Sketsa digunakan sebagai langkah awal visualisasi sebuah ide dasar sebuah karya seni.
Sketsa bentuk
Sketsa makhluk hidup
Sketsa suasana ramai Mengidentifikasikan sketsa.
Mensketsa benda mati.
Mensketsa makhluk hidup.
Mensketsa suasana keramaian di luar ruangan.
Menggunakan sketsa sebagai awal dari visualisasi ide dasar sebuah karya seni. Karya sketsa - 4 - Media massa dan elektronik
Buku penunjang yang relevan
Internet
3. Menggambar objek Menggambar didefinisikan dengan tepat.
Teknik menggambar dilakukan secara benar.
Teknik pengarsiran dilakukan secara benar.
Teknik pewarnaan dengan berbagai media warna dilakukan secara benar. Teknik menggambar
Teknik pewarnaan Mengidentifikasikan menggambar.
Menggambar contoh terpilih dengan teknik pewarnaan arsir pensil 2B.
Menggambar contoh terpilih dengan teknik pewarnaan crayon.
Menggambar contoh terpilih dengan teknik pewarnaan cat air. Karya gambar full color 2 6 - Buku (CD) panduan yang relevan
Cat air
Crayon
Internet
Kertas gambar
Media elektronik
Media massa
Pensil 2B
4. Menggambar perspektif Gambar perspektif diidentifikasi secara tepat.
Bangun dengan berbagai sudut pengambilan digambar secara tepat.
Suasana dengan berbagai sudut pengambilan digambar secara tepat. Teknik menggambar perspektif Mengidentifikasikan gambar perspektif.
Menggambar obyek benda mati dari berbagai sudut pengambilan (pandang).
Menggambar obyek benda yang jamak dengan berbagai sudut pengambilan.
Menggambar suasana diambil dari sudut pengambilan ¾ atas. Karya gambar perspektif 2 6 - Buku (CD) panduan yang relevan
Internet
Kertas gambar
Media elektronik
Media massa
Pensil 2B
5. Menggambar ilustrasi Sketsa, menggambar, dan ilustrasi dibedakan secara tepat.
Kejadian (peristiwa) diilustrasikan secara tepat dan estetis.
Komik diidentifikasi sebagai karya ilustrasi secara tepat.
Komik strip yang bersifat satir dan lucu diilustrasikan secara tepat.
Ilustrasi pada cover buku dibuat secara baik dan tepat.
Ilustrasi pada poster dibuat secara baik dan tepat. Teknik pembuatan ilustrasi Mengidentifikasikan ilustrasi.
Menggambar ilustrasi yang diarahkan pada sebuah artikel surat kabar.
Mengidentifikasikan sebuah komik.
Menggambar ilustrasi komik strip yang bersifat satir dan lucu.
Menggambar sebuah ilustrasi cover buku yang menggugah minat baca
Menggambar sebuah ilustrasi pada poster persuasif. Karya ilustrasi 2 6 - Buku (CD) panduan yang relevan
Cat air
Crayon
Internet
Kertas gambar
Media elektronik
Media massa
Pensil 2B
SILABUS. 3
NAMA SEKOLAH : SMK NEGERI 11 SEMARANG
MATA PELAJARAN : Multimedia
KELAS/SEMESTER : X / 1
STANDAR KOMPETENSI : Menguasai Cara Menggambar Kunci untuk Animasi
KODE KOMPETENSI :
ALOKASI WAKTU :
KOMPETENSI DASAR INDIKATOR MATERI PEMBELAJARAN KEGIATAN PEMBELAJARAN PENILAIAN ALOKASI WAKTU SUMBER BELAJAR
TM PS PI
1. Mengidentifikasi syarat animasi Identifikasi syarat animasi storyboard,layout dan instruksi sutradara atau lembaran kamera yang sesuai.
Identifikasi semua syarat animasi yang relevan dari pecahan waktu dan suara. Syarat-syarat animasi Mengidentifikasi syarat animasi, storyboard, layout, instruksi sutradara dan atau lembaran kamera dengan teliti
Mengidentifikasi semua syarat animasi berdasarkan pembagian waktu dengan teliti
Mengidentifikasi semua syarat animasi berdasarkan pembagian suara dengan teliti Ujian tulis
Ujian lisan
Observasi 2 6(12) 3(12) Buku panduan pembuatan animasi
Software multimedia pembuat animasi
2. Membuat gambar kunci Dibuat gambar kunci yang mencerminkan :
- Detail garis besar dalam storyboard dan layout
- Instruksi sutradara
- Camera sheet
- ‘action’ seperti yang digariskan dengan waktu
- Mengikuti pecahan soundtrack ketika membuat gambar
Dibuat gambar kunci secukupnya untuk menetapkan ‘action’ dan meyakinkan bahwa gambar-gambar itu standar yang ditetapkan oleh desain/model
Dibuat gambar kunci yang masih dalam batasan produksi Gambar kunci dalam pembuatan animasi Membuat gambar kunci secara cermat yang mencerminkan detail garis besar dalam storyboard dan layout
Membuat gambar kunci secara cermat yang mencerminkan instruksi sutradara
Membuat gambar kunci secara cermat yang mencerminkan camera sheet
Membuat gambar kunci secara cermat yang mencerminkan waktu aksi
Membuat gambar kunci yang secukupnya sesuai dengan standar yang telah ditetapkan oleh desain/ model
Menetapkan ‘action’ dengan benar berdasarkan gambar kunci yang telah dibuat
Membuat gambar kunci yang masih dalam batasan produksi Ujian tulis
Ujian lisan
Observasi
Ujian praktek 10 20(40) 8(32) Buku panduan pembuatan animasi
Software multimedia pembuat animasi
Storyboard, layout, instruksi sutradara dan atau lembaran kamera
Komputer
3. Mengatur dan melengkapi gambar kunci Gambar kunci dikoreksi setelah dilihat oleh personil yang relevan
Labelisasi gambar kunci pecahan animasi dengan jelas, yang menunjukkan pemindahan diantara gambar
Gambar kunci diidentifikasi secara jelas dan disimpan dengan aman. Koreksi, penamaan dan penyimpan gambar kunci Mengkoreksi gambar kunci setelah dilihat oleh personil yang relevan
Memberi penandaan/label pada gambar kunci yang menunjukkan adanya pemindahan di antara gambar animasi dengan teliti
Mengidentifikasi gambar kunci secara jelas
Menyimpan gambar kunci dengan benar Ujian tulis
Ujian lisan
Observasi
Ujian praktek 8 14(28) 4(16) Buku panduan pembuatan animasi
Software multimedia pembuat animasi
Storyboard, layout, instruksi sutradara dan atau lembaran kamera
Komputer
SILABUS. 4
NAMA SEKOLAH : SMK NEGERI 11 SEMARANG
MATA PELAJARAN : Multimedia
KELAS/SEMESTER : X / 1
STANDAR KOMPETENSI : Membuat Gambar Clean-up dan Sisip
KODE KOMPETENSI :
ALOKASI WAKTU :
KOMPETENSI DASAR INDIKATOR MATERI PEMBELAJARAN KEGIATAN PEMBELAJARAN PENILAIAN ALOKASI WAKTU SUMBER BELAJAR
TM PS PI
1. Menemukan syarat-syarat gambar yang asli Semua syarat gambar asli yang terdapat pada lembaran-lembaran model, gambar kunci dan instruksi sutradara atau camera sheet.
Dikumpulkan semua lembaran model yang sesuai untuk referensi
Pemeriksaan semua gambar kunci yang menunjukkan masalah atau kesalahan menurut orang yang cocok
Pemeriksaan semua penggalan animasi yang berlawanan dengan camera sheet, yang menunjukkan masalah atau kesalahan pada personil yang relevan Syarat-syarat gambar asli Menjelaskan syarat-syarat gambar asli dengan benar
Mengidentifikasi gambar asli yang terdapat pada lembaran-lembaran model dengan cermat
Mengidentifikasi gambar asli yang terdapat pada gambar kunci dengan cermat
Mengidentifikasi gambar asli yang terdapat pada instruksi sutradara dengan cermat
Mengidentifikasi gambar asli yang terdapat pada camera sheet dengan cermat
Mengumpulkan semua lembaran model yang sesuai untuk referensi dengan cermat
Memeriksa semua gambar kunci yang dapat menyebabkan masalah pada rangkaian animasi dengan teliti
Memeriksa semua penggalan animasi yang berlawanan dengan camera sheet yang dapat menyebabkan masalah atau kesalahan Ujian tulis
Ujian lisan
Observasi 2 5(10) 2(8) Buku panduan pembuatan animasi
Software multimedia pembuat animasi
Storyboard, layout, instruksi sutradara dan atau lembaran kamera
Komputer
2. Membuat gambar-gambar asli Dipastikan bahwa gambar-gambar asli itu dibuat dalam batasan produksi.
Penyesuaian gambar asli dengan kunci animasi
Dipastikan desain yang disetujui/lembaran-lembaran model tercermin persis dalam gambar-gambar asli yang dianggap sebagai standar yang disepakati.
Semua pecahan animasi dicopy ke dalam gambar asli dan diberi nomor dengan cermat.
Gambar asli diidentifikasi dan disimpan dengan aman
Gambar kunci asli dibagikan kepada personil yang relevan bilamana diperlukan
Pembetulan pada gambar asli dilakukan seperlunya setelah berkonsultasi dengan personil yang sesuai. Pembuatan gambar asli Memastikan bahwa gambar-gambar asli yang dibuat masih dalam batasan produksi dengan teliti
Menyesuaikan gambar asli dengan gambar kunci animasi dengan teliti
Memastikan bahwa desain yang telah disetujui/ lembaran-lembaran model tercermin persis dalam gambar asli yang dianggap sebagai standar yang disepakati
Menggandakan semua pecahan animasi ke dalam gambar asli dengan teliti
Memberi nomor hasil penggandaan dengan cermat
Mengidentifikasi gambar asli dengan cermat
Menyimpan gambar asli dengan benar
Membagikan gambar kunci asli kepada personil yang relevan
Membetulkan gambar asli setelah dikonsultasikan dengan personil yang relevan Ujian tulis
Ujian lisan
Ujian praktek
Observasi 8 15(30) 5(20) Buku panduan pembuatan animasi
Software multimedia pembuat animasi
Storyboard, layout, instruksi sutradara dan atau lembaran kamera
Komputer
3. Mengidentifikasi syarat-syarat gambar tiga dimensi Pemeriksaan gambar kunci asli, yang menunjukkan masalah atau kesalahan dengan orang yang relevan.
Pemeriksaan semua pecahan animasi pada camera sheet, yang menunjukkan masalah atau kesalahan dengan personil yang sesuai. Syarat-syarat gambar tiga dimensi Memeriksa ulang gambar kunci asli yang menunjukkan masalah atau kesalahan dengan orang yang relevan dengan teliti
Memeriksa ulang semua pecahan animasi pada camera sheet, yang menunjukkan masalah atau kesalahan dengan personil yang sesuai dengan teliti Ujian tulis
Ujian lisan
Observasi 2 5(10) 3(12) Buku panduan pembuatan animasi
Software multimedia pembuat animasi
Storyboard, layout, instruksi sutradara dan atau lembaran kamera
Komputer
4. Membuat gambar tiga dimensi Dipastikan bahwa gambar-gambar tiga dimensi itu diproduksi dalam batasan produksi.
Dipastikan bahwa gambar tiga dimensi itu persis menunjukkan:
- Informasi yang terkandung dalam pecahan-pecahan animasi
- Kesepakatan dengan design/lembaran-lembaran model
- Persetujuan standarisasi
Pemahaman dengan cermat dan akurat gambar asli kunci itu pada gambar-gambar tiga dimensi.
Diikuti pecahan soundtrack yang tersedia
Disediakan gambar-gambar tiga dimensi pada personil yang relevan bilamana diperlukan
Dilakukan koreksi seperlunya pada gambar tiga dimensi itu setelah berkonsultasi dengan personil yang relevan Pembuatan gambar tiga dimensi Memastikan bahwa gambar-gambar tiga dimensi itu diproduksi dalam batasan produksi.
Memastikan bahwa gambar tiga dimensi menunjukkan:
- Informasi yang terkandung dalam pecahan-pecahan animasi
- Kesepakatan dengan design/lembaran-lembaran model
- Persetujuan standarisasi
Meletakkan dengan cermat dan akurat gambar asli kunci pada gambar-gambar tiga dimensi.
Menyediakan gambar-gambar tiga dimensi pada personil yang relevan bilamana diperlukan
Melakukan koreksi seperlunya pada gambar tiga dimensi itu setelah berkonsultasi dengan personil yang relevan Ujian tulis
Ujian lisan
Observasi
Ujian praktek 8 15(30) 5(20) Buku panduan pembuatan animasi
Software multimedia pembuat animasi
Storyboard, layout, instruksi sutradara dan atau lembaran kamera
Komputer
SILABUS. 5
NAMA SEKOLAH : SMK NEGERI 11 SEMARANG
MATA PELAJARAN : Multimedia
KELAS/SEMESTER : X / 1
STANDAR KOMPETENSI : Menguasai Dasar Animasi Stop Motion (Bidang Datar)
KODE KOMPETENSI :
ALOKASI WAKTU :
KOMPETENSI DASAR INDIKATOR MATERI PEMBELAJARAN KEGIATAN PEMBELAJARAN PENILAIAN ALOKASI WAKTU SUMBER BELAJAR
TM PS PI
1. Identifikasi syarat-syarat animasi Koordinasi dengan personil yang relevan dan dipastikan syarat-syarat grafik dan visual sehingga syarat-syarat tersebut terpenuhi dalam animasi yang dibuat.
Identifikasi batasan produksi yang memerlukan pertimbangan termasuk sumber dan peralatan yang ada.
Persetujuan dengan personil yang sesuai untuk persyaratan dan standard animasi yang dibuat.
Identifikasi syarat-syarat sumber, materi, stok dan peralatan yang ada.
Identifikasi jenis kunci animasi yang diperlukan untuk produksi. Syarat-syarat pembuatan animasi Mengidentifikasi syarat-syarat grafik yang diperlukan dalam pembuatan animasi dengan benar
Mengidentifikasi syarat-syarat visual yang diperlukan dalam pembuatan animasi dengan benar
Mengidentifikasi batasan-batasan produksi (sumber dan peralatan) untuk pembuatan animasi
Mendiskusikan syarat-syarat sumber, materi, stok dan peralatan yang akan digunakan dalam pembuatan animasi
Mengidentifikasi syarat-syarat sumber, materi, stok dan peralatan yang akan digunakan dalam pembuatan animasi dengan cermat
Mengidentifikasi jenis kunci animasi yang diperlukan untuk produksi dengan cermat Ujian tulis
Ujian lisan
Observasi 4 4(8) 10(40) Buku panduan pembuatan animasi
Software multimedia pembuat animasi
Storyboard, layout, instruksi sutradara dan atau lembaran kamera
2. Membuat model warna dan tempat warna Pembuatan kunci-kunci animasi dan image yang mencerminkan:
- Pembuatan grafik atau detail visual kerangka laporan
- Materi dan peralatan yang diperlukan untuk produksi
- Detail dan maksud dari storyboard
- Detail dan isi layout
Penggalan soundtrack yang diberikan diikuti ketika membuat kunci dan image animasi
Catatan Sutradara atau camera sheet diikuti dan dipastikan bahwa waktu kunci animasi dan image tercermin dalam tindakan
Pembuatan sejumlah image animasi yang cukup untuk menetapkan tindakan dan dipastikan image tersebut sesuai dengan kunci-kunci animasi.
Identifikasi kunci animasi dengan jelas dan dipastikan kunci-kunci animasi tersebut cukup standard untuk penyelesaian animasi
Pencitraan yang dianimasikan
Image rekaman diidentifikasi dan disimpan dengan aman, serta diberikan kepada personil yang relevan bilamana perlu. Pembuatan animasi Membuat kunci-kunci animasi dan image yang mencerminkan:
- Pembuatan grafik atau detail visual kerangka laporan
- Materi dan peralatan yang diperlukan untuk produksi
- Detail dan maksud dari storyboard
- Detail dan isi layout
Mengikuti penggalan soundtrack yang diberikan dengan cermat ketika membuat kunci dan image animasi
Mengikuti Catatan Sutradara atau camera sheet dan memastikan bahwa waktu kunci animasi dan image tercermin dalam tindakan
Membuat sejumlah image animasi yang cukup untuk menetapkan tindakan dan memastikan image tersebut sesuai dengan kunci-kunci animasi.
Mengidentifikasi kunci animasi dengan jelas dan memastikan kunci-kunci animasi tersebut cukup standard untuk penyelesaian animasi
Menganimasikan citra yang telah disiapkan
Mengidentifikasi image rekaman dan menyimpan dengan aman, serta memberikan kepada personil yang relevan bilamana perlu. Ujian tulis
Ujian lisan
Observasi
Ujian praktek 16 36(72) 50(200) Buku panduan pembuatan animasi
Software multimedia pembuat animasi
Storyboard, layout, instruksi sutradara dan atau lembaran kamera
Komputer
SILABUS. 6
NAMA SEKOLAH : SMK Negeri 11 Semarang
MATA PELAJARAN : Produktif Multimedia
KELAS/SEMESTER : X/2
STANDAR KOMPETENSI : Menggabungkan Teks ke dalam Sajian Multimedia
KODE KOMPETENSI : -
ALOKASI WAKTU : 36 x 45 menit
KOMPETENSI DASAR INDIKATOR MATERI PEMBELAJARAN KEGIATAN PEMBELAJARAN PENILAIAN ALOKASI WAKTU SUMBER BELAJAR
TM PS PI
1. Menggunakan software teks multimedia Software yang sesuai dinilai dan dipilih untuk media yang diperlukan (hard copy atau screen)
Pemasukan dan pengeluaran software yang dipilih ditampilkan dan peralatan fitur program digunakan secara benar
Teks disimpan dan dibuka menggunakan format file yang tertentu Pengoperasian software multimedia Mengamati proses aktifasi sistem operasi dan soft-ware multimedia dengan seksama
Menjalankan software multimedia
Memanfaatkan menu-menu dan shortcut yang tersedia secara efektif
Menggunakan fitur pembuatan teks dengan tepat guna
Mengamati proses penyimpanan file dengan seksama
Mengidentifikasi menu-menu dan shorcut yang disediakan software multimedia
Menjelaskan maksud penyimpanan file dalam format tertentu
Menyimpan file dengan menggunakan versi dan option atribut yang berbeda
Menyimpan file dengan menggunakan format yang telah ditentukan
Membuka file dengan format yang telah ditentukan Observasi
Ujian tulis
Ujian lisan
Ujian praktek 4 4(8) 4(16) Buku panduan software multimedia
Manual software multimedia offline
Manual software multimedia online
Software multimedia pengolah teks
Komputer
2. Mendesain teks multimedia Teks yang menggabungkan prinsip-prinsip typografi diciptakan dengan menggunakan software yang telah dipilih
Permasalahan huruf elektronik termasuk Multiple Masters, jenis huruf dan True Type diidentifikasi dan didiskusikan
Teks diedit (ditekankan dan ditambahkan) dan disimpan dengan menggunakan software yang telah dipilih
Elemen teks digabungkan ke dalam rangkaian multimedia yang telah dipilih
Teks diuji dan dijalankan sebagai bagian dari tampilan multimedia
Teks dipublikasikan secara elektronik sesuai dengan pekerjaan yang dilaksanakan Prinsip-prinsip tipografi
Pembuatan teks untuk keperluan multimedia Memilih software multimedia sesuai dengan kebutuhan
Mengoperasikan software multimedia sesuai dengan prosedur secara benar
Mengidentifikasi menu dan tools yang digunakan untuk membuat teks dengan cermat
Membuat teks sesuai dengan
media yang akan digunakan
Menerapkan prinsip-prinsip tipografi dalam membuat teks dengan benar
Mengidentifikasi dan mendiskusikan kemungkinan permasalahan yang timbul jika terjadi kesalahan dalam pemilihan jenis huruf dengan benar
Mengidentifikasi dan mendiskusikan kemungkinan permasalahan yang timbul jika terjadi kesalahan dalam pemilihan warna latar belakang (background) dan warna latar depan (foreground) dengan benar
Menerapkan fitur-fitur yang tersedia untuk pembuatan teks dengan benar
Menambahkan efek-efek dalam penciptaan teks sesuai dengan kebutuhan
Melakukan uji tayang hasil pembuatan teks
Menyimpan hasil ke dalam format yang telah ditentukan
Menggabungkan hasil pembuatan teks ke rangkaian multimedia yang terpilih
Melakukan uji tayang hasil penggabungan
Melakukan pembetulan teks jika diperlukan
Mempublikasikan hasil penggabungan secara elektronik sesuai dengan tujuan
Mematikan software multimedia sesuai prosedur Observasi
Portofolio
Ujian lisan
Ujian praktek 8 20(40) 14(56) Buku tutorial software multimedia
Tutorial software multimedia online
Software multimedia pengolah teks
Komputer
SILABUS. 7
NAMA SEKOLAH : SMK Negeri 11 Semarang
MATA PELAJARAN : Produktif Multimedia
KELAS/SEMESTER : -
STANDAR KOMPETENSI : Menggabungkan Gambar 2D ke dalam Sajian Multimedia
KODE KOMPETENSI : -
ALOKASI WAKTU : 36 x 45 menit
KOMPETENSI DASAR INDIKATOR MATERI PEMBELAJARAN KEGIATAN PEMBELAJARAN PENILAIAN ALOKASI WAKTU SUMBER BELAJAR
TM PS PI
1. Bekerja dengan gambar digital Istilah yang benar untuk gambar digital digunakan dalam konteks yang spesifik
Penggunaan range format file grafik, manajemen file dan sistem pemindahan ditampilkan secara benar, termasuk penyimpanan, importing, exporting, dan pemindahan gambar digital sebagai file elektronik
Program software untuk mengedit grafik bitmap dan vektor kontemporer diidentifikasi dan fitur-fiturnya dijelaskan
Properties gambar vektor dan bitmap diidentifikasi dan fitur-fiturnya dijelaskan
Konversi dari bitmap ke gambar vektor dan sebaliknya ditampilkan untuk pekerjaan spesifik
Peralatan scanning dioperasikan secara benar untuk mengkonversikan nada atau garis gambar berkelanjutan ke data digital, dengan memperhatikan detil nada, halftone, resolusi dan koreksi gambar Gambar digital
Pengoperasian software multimedia pengolah gambar digital
Pemindaian gambar Mengidentifikasi penyusunan gambar digital dengan benar
Menjelaskan perbedaan antara gambar digital berbasis vektor dengan gambar digital berbasis raster
Memahami penggunaan format file gambar untuk kegiatan multimedia lebih lanjut
Mengatur file gambar (menyimpan, mengimpor, mengekspor dan memindah)
Memilih software multimedia pengolah gambar digital sesuai dengan kebutuhan dengan tepat
Menjalankan software multimedia pengolah gambar sesuai dengan prosedur
Mengidentifikasi bagian-bagian software multimedia pengolah gambar dan mengetahui penggunaannya dengan benar
Mempelajari penggunaan fitur-fitur yang tersedia untuk menghasilkan gambar digital sesuai dengan kebutuhan
Mempelajari sifat-sifat gambar digital yang dapat diolah lebih lanjut
Menjelaskan sifat-sifat gambar digital
Menyimpan gambar digital dalam format yang ditentukan
Mengekspor gambar digital
Mengimpor gambar digital
Mengkonversi gambar digital ke format tertentu
Menghubungkan alat pemindai ke komputer sesuai dengan prosedur
Menginstall driver alat pemindai bila dibutuhkan sesuai dengan prosedur
Menjalankan alat pemindai gambar sesuai dengan prosedur
Menentukan gambar cetak yang akan dipindai (majalah, photo, gambar tangan, koran)
Meletakkan gambar cetak yang akan dipindai ke dalam alat pindai dengan benar
Melakukan pemindaian gambar cetak melalui software multimedia pengolah gambar dengan benar
Mengatur opsi-opsi pemindaian sesuai dengan kebutuhan
Melakukan koreksi dan mengatur sifat-sifat gambar digital hasil pemindaian untuk pekerjaan lebih lanjut
Menyimpan gambar digital ke dalam format tertentu
Menutup software multimedia pengolah gambar sesuai dengan prosedur
Mematikan alat pemindai gambar sesuai dengan prosedur Observeasi
Ujian lisan
Ujian tulis
Portofolio
Ujian praktek 12 22(44) 20(80) Gambar digital
Komputer
Software multimedia pengolah gambar digital
Scanner
Gambar cetak
Gambar tangan
Komputer
2. Menggunakan software grafik multimedia 2D Software 2D yang sesuai dinilai dan dipilih untuk media yang diperlukan (hard copy atau layar)
Ditampilkan pemasukan dan pengeluaran software grafik yang dipilih dan peralatan dan fitur-fitur program digunakan secara benar
Pengeditan dan manipulasi grafik ditampilkan dan peralatan dan fitur-fitur program digunakan secara benar
Grafik disimpan dan dibuka menggunakan format file yang telah dipilih Software multimedia 2D berbasis vektor
Software multimedia 2D berbasis raster Memilih software multimedia pengolah gambar digital sesuai dengan kebutuhan dengan tepat
Menjalankan software multimedia pengolah gambar sesuai dengan prosedur
Mengidentifikasi bagian-bagian software multimedia pengolah gambar dan mengetahui penggunaannya dengan benar
Mempelajari penggunaan fitur-fitur yang tersedia untuk menghasilkan gambar digital sesuai dengan kebutuhan
Mempelajari sifat-sifat gambar digital yang dapat diolah lebih lanjut
Menjelaskan sifat-sifat gambar digital
Memuat gambar digital sesuai dengan prosedur
Mengolah gambar sesuai dengan kebutuhan
Melakukan koreksi dan mengatur sifat-sifat gambar digital untuk pekerjaan lebih lanjut
Menyimpan gambar digital dalam format yang ditentukan
Mengekspor gambar digital
Mengimpor gambar digital
Mengkonversi gambar digital ke format tertentu
Menutup software multimedia pengolah gambar sesuai dengan prosedur Observeasi
Ujian lisan
Ujian tulis
Portofolio
Ujian praktek 10 22(44) 20(80) Manual software offline
Buku pendukung
tutorial online
Software multimedia pengolah gambar digital
Komputer
3. Menciptakan design grafik multimedia 2D Suatu design sederhana dinilai untuk solusi gambar digital yang sesuai
Grafik yang menggabungkan prinsip desain diciptakan menggunakan software yang telah dipilih untuk menghasilkan grafik vektor atau bitmap dan karya seni digital
Teknik karya seni digital 2D ditampilkan termasuk cara penggunaan painting, editing dan pallet yang benar
Susunan karya seni dan mozaik digital diciptakan dengan menyesuaikan mode gambar, resolusi, modifikasi gambar menggunakan filter, memilih mode warna yang sesuai untuk hasil dan membuat halftone serta pemisahan warna untuk prosedur percetakan yang relevan
Desain grafik diedit (ditekankan dan ditambahkan) menggunakan teknik pemilihan yang akurat, special effect, cropping dan resize gambar dan disimpan menggunakan software yang telah dipilih
Elemen desain grafik disatukan ke dalam rangkaian multimedia Desain grafis Menggambar rancangan desain yang akan dibuat
Memilih gambar cetak yang akan digunakan
Memindai gambar cetak dengan cermat
Mengorganisir file-file yang dibutuhkan untuk mendesain dengan memperhatikan hak cipta yang terdapat pada file
Menjalankan software multimedia pengolah gambar sesuai dengan prosedur
Memuat gambar-gambar digital yang dibutuhkan
Mengolah gambar digital
Menggabungkan gambar digital baik yang berbasis vektor maupun yang berbasis bitmap
Menyusun gambar digital dengan menyesuaikan mode gambar, resolusi, modifikasi gambar menggunakan filter, memilih mode warna yang sesuai untuk hasil dan membuat halftone serta memisahkan warna untuk prosedur percetakan yang relevan
Menerapkan spesial effect, cropping dan resize gambar
Menyimpan gambar digital hasil olah ke format tertentu
Menyatukan gambar digital hasil oleh ke dalam rangkaian multimedia Observeasi
Ujian lisan
Ujian tulis
Portofolio
Ujian praktek 12 22(44) 20(80) gambar cetak
software manajemen file
software multimedia pengolah gambar digital
alat pemindai gambar
Komputer
4. Menampilkan karya seni digital 2D Grafik diuji dan dijalankan sebagai bagian dari tampilan multimedia
Gambar digital disiapkan secara professional untuk tampilan multimedia menggunakan ‘mount cutter’
Grafik diberi judul dan dilaminating sesuai ukuran tampilan
Karya seni digital besar yang tidak berwarna ditampilkan dibawah screened glass atau Perspex
Gambar dipublikasikan secara elektronik bila diperlukan Karya seni digital 2D Menjalankan software penguji gambar digital
Memuat gambar digital hasil olah
Menguji tampilan rangkaian multimedia
Memberikan label pada gambar digital hasil olah
Mencetak gambar digital hasil olah
Mengemas gambar hasil cetak sesuai dengan kebutuhan
Menutup software penguji gambar digital sesuai dengan prosedur Observeasi
Ujian lisan
Portofolio
Ujian praktek 3 8(16) - Software multimedia penguji gambar digital
Alat pencetak gambar digital
Alat laminasi
Komputer
SILABUS. 8
NAMA SEKOLAH : SMK Negeri 11 Semarang
MATA PELAJARAN : Produktif Multimedia
KELAS/SEMESTER : -
STANDAR KOMPETENSI : Menggabungkan Fotografi Digital ke dalam Sajian Multimedia
KODE KOMPETENSI : -
ALOKASI WAKTU : 12 x 45 menit
KOMPETENSI DASAR INDIKATOR MATERI PEMBELAJARAN KEGIATAN PEMBELAJARAN PENILAIAN ALOKASI WAKTU SUMBER BELAJAR
TM PS PI
1. Menggunakan kamera digital Kamera digital dioperasikan secara benar dengan pertimbangan fokus dan pencahayaan untuk dapat mengambil gambar digital dengan baik
Ditampilkan pemasukan dan pengeluaran software gambar digital yang dipilih dan peralatan serta fitur-fitur program digunakan secara benar
Ditampilkan editing dan manipulasi foto serta penggunaan peralatan dan fitur program secara benar
Foto digital disimpan dan dibuka menggunakan format file yang dipilih Pengoperasian kamera digital Mempelajari manual penggunaan kamera digital dengan cermat
Menyalakan kamera digital sesuai dengan prosedur
Mengamati proses penyalaan kamera digital dengan teliti
Mengidentifikasi tombol-tombol yang terdapat pada kamera digital dengan cermat
Mempelajari penggunaan tombol-tombol yang terdapat pada kamera digital dengan cermat
Mengidentifikasi menu dan fitur yang disediakan oleh kamera digital dengan teliti
Mempelajari penggunaan menu dan fitur yang tersedia di kamera digital dengan cermat
Mempelajari penggunaan fokus dan efek pencahayaan dalam menghasilkan gambar digital dengan cermat
Mengatur faktor pembukaan lensa, resolusi, mode pencahayaan, brightness dan contratst guna menghasilkan gambar digital seperti yang diinginkan dengan teliti
Membidik obyek gambar dengan benar
Menyimpan gambar digital dengan format tertentu
Mengkoreksi tampilan gambar digital
Memindah gambar digital yang tersimpan pada kamera digital ke media simpan yang lainnya dengan format tertentu Observasi
Ujian lisan
Ujian tulis
Portofolio
Ujian praktek 2 6(12) 6(24) Kamera digital
Manual penggunaan kamera digital
Buku fotografi
Buku pendukung
Komputer
2. Menggabungkan foto digital ke dalam rangkaian multimedia Grafik yang menggabungkan prinsip desain diciptakan dengan menggunakan software yang telah dipilih
Foto digital diedit (ditekankan dan ditambahkan) dan disimpan menggunakan software yang dipilih
Foto digital digabungkan ke dalam rangkaian multimedia yang telah dipilih
Hasil foto digital dievaluasi dan diinterpretasikan secara layak untuk hasil akhir (end use) dan dijalankan sebagai bagian dari tampilan multimedia Penggabungan foto digital Memilih software multimedia pengolah gambar digital dengan tepat
Menjalankan software multimedia pengolah gambar digital sesuai dengan prosedur
Memuat gambar digital sesuai dengan prosedur
Mengolah gambar sesuai dengan kebutuhan
Melakukan koreksi dan mengatur sifat-sifat gambar digital untuk pekerjaan lebih lanjut
Menggabungkan gambar digital ke dalam rangkaian multimedia yang telah dipilih
Mengevaluasi hasil penggabungan sebagai bagian dari tampilan rangkaian multimedia
Menyimpan gambar digital dalam format yang ditentukan Observasi
Ujian lisan
Ujian tulis
Portofolio
Ujian praktek 6 10(20) 6(24) Buku desain grafis
Buku fotografi
Software multimedia pengolah gambar digital
Komputer
3. Menciptakan susunan karya seni foto digital dan grafik 2D Susunan karya seni dan mozaik digital diciptakan dengan menyesuaikan mode gambar dan resolusi, memodifikasi gambar menggunakan filter, memilih mode warna yang sesuai untuk hasil dan menghasilkan halftone serta pemisahan warna untuk prosedur percetakan yang relevan Susunan karya seni foto digital dan grafik 2D Menjalankan software pengolah gambar digital sesuai dengan prosedur
Memuat gambar digital hasil penggabungan dengan benar
Menyusun gambar digital dengan menyesuaikan mode gambar, resolusi, modifikasi gambar menggunakan filter, memilih mode warna yang sesuai untuk hasil dan membuat halftone serta memisahkan warna untuk prosedur percetakan yang relevan
Menyimpan gambar digital dalam format yang ditentukan Observasi
Ujian lisan
Ujian tulis
Portofolio
Ujian praktek 4 8(16) 6(24) Buku desain grafis
Buku fotografi
Software multimedia pengolah gambar digital
Komputer
SILABUS. 9
NAMA SEKOLAH : SMK Negeri 11 Semarang
MATA PELAJARAN : Produktif Multimedia
KELAS/SEMESTER : -
STANDAR KOMPETENSI : Menggabungkan Audio ke dalam Sajian Multimedia
KODE KOMPETENSI : -
ALOKASI WAKTU : 24 x 45 menit
KOMPETENSI DASAR INDIKATOR MATERI PEMBELAJARAN KEGIATAN PEMBELAJARAN PENILAIAN ALOKASI WAKTU SUMBER BELAJAR
TM PS PI
1. Mengidentifikasi dan penjabaran format audio digital Fitur-fitur audio analog dan digital dibedakan untuk suatu range penggunaan
Amplitudo, sound wave, frekuensi, mono dan stereo didefinisikan secara benar dan fungsi-fungsinya dijelaskan
Format audio digital kontemporer diidentifikasi dan dijelaskan sesuai dengan hasil yang didefinisikan
Rate data untuk sumber digital besar diperinci sesuai dengan hasil yang didefinisikan
Metode untuk menyimpan dan membuat output audio digital dijabarkan sesuai dengan range sumber dan tujuan
Teknik percontohan dan sumber untuk contoh audio digital ditampilkan untuk hasil yang didefinisikan
Teknologi MIDI dieksplorasi dan kegunaannya dijelaskan Audio digital Mempelajari cara menghasilkan audio analog dan audio digital dengan cermat
Mempelajari sifat-sifat dan karakteristik audio analog dan audio digital dengan cermat
Mendefinisikan karakter audio (amplitudo, sound wave, frekuensi, mono, stereo) dengan benar
Menjelaskan fungsi-fungsi dari karakter audio (amplitudo, sound wave, frekuensi, mono, stereo) dalam menghasilkan kualitas suara dengan benar
Mempelajari format penyimpanan file audio digital dengan cermat
Menjelaskan fungsi dari model format penyimpanan audio digital dengan benar
Memperinci rate data untuk sumber digital besar dengan benar
Mempelajari metode pembuatan output audio digital sesuai dengan range sumber dan tujuan dengan cermat
Mempelajari metode menyimpan audio digital sesuai dengan range sumber dan tujuan dengan cermat
Menjalankan contoh sumber dan audio digital dengan teliti
Mempelajari teknologi MIDI dalam menghasilkan audio digital dengan cermat
Menjelaskan kegunaan teknologi MIDI dalam menghasilkan audio digital dengan benar Ujian tulis
Ujian lisan
Ujian praktek 2 4(8) - Buku audio
Contoh audio digital
Contoh audio analog
Perangkat penghasil audio
Software multimedia pengolah audio digital
Komputer
2. Menggunakan software audio digital Software audio yang sesuai dinilai dan dipilih untuk pekerjaan
Pemasukan dan pengeluaran software yang telah dipilih ditampilkan dan peralatan dan fitur-fitur program digunakan secara benar
Ditampilkan editing dan manipulasi audio, serta penggunaan peralatan dan fitur-fitur program secara benar
Suara disimpan dan dibuka menggunakan format file yang telah dipilih Penggunaan software audio digital Menentukan format audio digital yang akan digunakan ke dalam rangkaian multimedia dengan benar
Memilih software pengolah audio digital dengan benar
Memilih alat masukan perekam audio dengan benar
Menghubungkan alat masukan perekam suara ke komputer sesuai dengan prosedur
Menyalakan komputer sesuai dengan prosedur
Menginstall driver alat masukan bila diperlukan
Menjalankan software pengolah audio digital sesuai dengan prosedur
Mengidentifikasi bagian-bagian software multimedia pengolah audio digital dengan teliti
Menjelaskan fungsi dari bagian-bagian software multimedia pengolah audio digital dengan benar
Mengidentifikasi menu dan fitur yang tersedia dengan teliti
Menjelaskan fungsi dan cara penggunaan menu dengan benar
Menjelaskan fungsi dan cara penggunaan fitur dengan benar
Merekam suara dengan memanfaatkan alat perekam audio sesuai dengan prosedur
Menyimpan dan membuka file audio digital dengan format tertentu Observasi
Ujian lisan
Ujian tulis
Portofolio
Ujian praktek 4 8(16) 6(24) Software multimedia pengolah audio digital
Manual Software multimedia pengolah audio digital offline
Buku pendukung
Alat masukan perekam suara
Komputer
3. Merancang dan mengedit audio digital Pengeditan frame audio single dan multiple ditampilkan sesuai dengan hasil yang didefinisikan
Audio digital track multiple digabungkan sesuai dengan spesifikasi
Encoding waktu diaplikasikan ke track audio digital single dan multiple sesuai dengan spesifikasi
Desain storybook diaplikasikan ke produksi rangkaian audio digital untuk menghasilkan hasil yang didefinisikan
Track audio yang dimasukkan ke dalam rangkaian produksi multimedia sesuai dengan spesifikasi Manipulasi audio digital Menjalankan software pengolah audio digital sesuai dengan prosedur
Memuat file-file audio digital yang dibutuhkan dalam rangkaian multimedia
Mengedit frame audio single dan multiple sesuai dengan hasil yang telah didefinisikan
Menggabungkan audio digital track multiple sesuai dengan hasil yang telah didefinisikan
Menentukan encoding waktu pada track audio digital single dan multiple sesuai dengan hasil yang telah didefinisikan
Mengaplikasikan encoding waktu pada track audio digital single dan multiple sesuai dengan hasil yang telah didefinisikan
Mengaplikasikan desain storybook ke produksi rangkaian audio digital dengan benar dan cermat
Menggabungkan track audio yang telah dihasilkan ke rangkaian multimedia sesuai dengan spesifikasi Observasi
Ujian lisan
Ujian tulis
Portofolio
Ujian praktek 4 8(16) 6(24) Software multimedia pengolah audio digital
Manual Software multimedia pengolah audio digital offline
Buku pendukung
Komputer
4. Membangun track audio digital Teknik untuk menangkap suara diidentifikasikan dan dijelaskan secara benar
Noise (gangguan) pada rekaman suara dihilangkan pada sumber dan atau (treated)
Efek khusus dan teknik mixing digunakan pada track audio sesuai dengan spesifikasi
Composer digunakan untuk menciptakan track audio digital sesuai dengan spesifikasi
MIDI dan sound card digunakan untuk menciptakan audio digital sesuai dengan spesifikasi
Suatu track audio diproduksi menggunakan software dan hardware konstruksi track yang sesuai
Track audio disimpan ke dalam format file yang sesuai Track audio digital Mempelajari teknik menangkap suara dengan benar
Menjelaskan teknik menangkap suara dengan benar
Menjalankan software multimedia pengolah audio digital sesuai dengan prosedur
Menerapkan teknik menangkap suara pada rangkaian multimedia
Mengkoreksi hasil tangkapan suara
Menghilangkan dan atau memperbaiki gangguan yang terjadi akibat penangkapan suara dengan cermat
Menambahkan efek khusus pada track audio sesuai dengan spesifikasi
Melakukan mixing audio sesuai dengan spesifikasi
Menggunakan fitur composer untuk membuat track audio baru sesuai dengan spesifikasi
Menggunakan MIDI dan sound card untuk menghasilkan track audio baru sesuai dengan spesifikasi
Menggunakan software konstruksi track untuk menghasilkan track audio baru sesuai dengan spesifikasi
Menggunakan hardware konstruksi track untuk menghasilkan track audio baru sesuai dengan spesifikasi
Menyimpan track audio ke dalam format file sesuai dengan hasil yang telah didefinisikan Observasi
Ujian lisan
Ujian tulis
Portofolio
Ujian praktek 2 4(8) 6(24) Software multimedia pengolah audio digital
Manual Software multimedia pengolah audio digital offline
Buku pendukung
Komputer
Software konstruksi track
Hardware konstruksi track
Sound card
Komputer
SILABUS. 10
NAMA SEKOLAH : SMK Negeri 11 Semarang
MATA PELAJARAN : Produktif Multimedia
KELAS/SEMESTER : XII/5
STANDAR KOMPETENSI : Membuat story board aplikasi multimedia
KODE KOMPETENSI : -
ALOKASI WAKTU : 228 x 45 menit
KOMPETENSI DASAR INDIKATOR MATERI PEMBELAJARAN KEGIATAN PEMBELAJARAN PENILAIAN ALOKASI WAKTU SUMBER BELAJAR
TM PS PI
1. Mengidentifikasi kebutuhan interpretasi dan kepastian syarat-syarat animasi sehingga syarat-syarat teknis, produksi atau skrip/teks terefleksi dalam storyboard
membahas syarat-syarat produk
anggaran yang ada untuk produksi
Batas tanggal produksi dari Storyboard
Menentukan syarat- syarat storyboard Koordinasi dengan orang yang terkait untuk interpretasi dan kepastian syarat-syarat animasi
sehingga syarat-syarat teknis, produksi atau skrip/teks terefleksi dalam storyboard.
Ikut dalam pertemuan konsep awal untuk membahas syarat-syarat produk.
Identifikasi anggaran yang ada untuk produksi.
Batas tanggal produksi dari Storyboard.
Observasi
Ujian lisan
Ujian tulis
Portofolio
Ujian praktek 16 32(64) 24(96) Buku pendukung
Software Pendukung
Internet
2. Merencanakan alur isi story board Perencanaan cakupan storyboard dalam Outline rincian naskah.
Detail grafik dan visual dalam naskah.
Batasan produksi.
Kesepakatan syarat-syarat dan standarisasi storyboard dengan personil yang sesuai Perencanaan cakupan storyboard dalam Outline rincian naskah.
Detail grafik dan visual dalam naskah.
Batasan produksi.
Kesepakatan syarat-syarat dan standarisasi storyboard dengan personil yang sesuai. Observasi
Ujian lisan
Ujian tulis
Portofolio
Ujian praktek 16 32(64) 24(96) Buku pendukung
Software Pendukung
Internet
3. Mendeskripsikan proses pelaksanaan dalam story board Storyboard mengikuti batasan produksi.
Penggambaran visualisasi dengan akurat
Kesepakatan dari personil terkait atas perubahan pada spesifikasi storyboard dan/atau syarat-syarat sebelum pembuatan storyboard selesai.
detail yang cukup untuk membuat elemen produksi lain berdasarkan storyboard.
Pembuatan copy storyboard Semua detail termuat dalam storyboard dan bahwastoryboard mengikuti batasan produksi.
Penggambaran visualisasi dengan akurat pada naskah/teks dalam storyboard.
Kesepakatan dari personil terkait atas perubahan pada spesifikasi storyboard dan/atau syarat-syarat sebelum pembuatan storyboard selesai.
Storyboard jelas, dapat dibaca dan menunjukkan detail yang cukup untuk membuat elemen produksi animasi lain berdasarkan storyboard.
Pembuatan copy storyboard untuk personil terkait bila diperlukan Observasi
Ujian lisan
Ujian tulis
Portofolio
Ujian praktek 16 32(64) 24(96) Buku pendukung
Software Pendukung
Internet
SILABUS. 11
NAMA SEKOLAH : SMK Negeri 11 Semarang
MATA PELAJARAN : Produktif Multimedia
KELAS/SEMESTER : X/1
STANDAR KOMPETENSI : Memahami cara penggunaan peralatan tata cahaya
KODE KOMPETENSI : -
ALOKASI WAKTU : 12 x 45 menit
KOMPETENSI DASAR INDIKATOR MATERI PEMBELAJARAN KEGIATAN PEMBELAJARAN PENILAIAN ALOKASI WAKTU SUMBER BELAJAR
TM PS PI
1. Menentukan persyaratan produksi Koordinasi secara intensif dengan personel kamera untuk mencapai gambar yang diinginkan dan sepakat untuk menggunakan sumber cahaya buatan supaya estetika dan produksi teknis serta persyaratan skrip/ produksi terpenuhi
Penilaian kualitas dan kuantitas cahaya yang tersedia
Diskusi untuk pelaksanaan lighting.
Pemikiran dan penilaian secara berkelanjutan ide-ide untuk biaya dan waktu, kemungkinan-kemungkinan teknis, dan kesesuaian supaya memenuhi persyaratan produksi
Perencanaan efek lighting untuk memastikan pemahaman visual yang benar tentang persyaratan skrip/ produksi telah terpenuhi melalui koordinasi intensif dengan personel yang relevan
Kepastian efek lighting sesuai persyaratan estetika dan disediakan pemahaman visual yang benar dari persyaratan skrip/produksi Persyaratan lighting Mengkoordinasikan secara intensif terutama dengan personil kamera dalam masalah lighting guna memeperoleh gambar sesuai dengan skrip
Mengukur kualitas dan kuantitas cahaya yang tesedia dengan tepat
Mempunyai ide –ide untuk pelaksanaan lighting untuk maslah-masalah kreatif dan teknis
Mendiskusikan ide-ide secara seksama dengan kru yang sesuai untuk menetukan solusi untuk ide tersebut
Mempertimbangkan biaya dan waktu untuk menetukan solusi ide yang berkembang
Merencanakan efek lighting bersama kru yang relevan untuk memastikan pemahaman visual bersama sesuai dengan skrip
Memastikan efek lighting yang dipakai bersama kru sesuai dengan skrip
Mengkonfirmasikan kepada kru yang lain bahwa efek lighting yang dibutuhkan sudah dapat terealisasi Ujian tulis
Unjuk kerja
Ujian praktik 1 - - Alat tulis
Teknisi ahli
Buku penunjang
Internet
Industri terkait
2. Menyesuaikan dan menguji lighting Mengidentifikasi kebutuhan intensitas cahaya sesuai ruangan
Eksplorasi efek cahaya untuk memberikan kesan psikologis pada obyek
Diskusi dengan kamera person untuk menyesuaikan setting kamera dengan kebutuhan intensitas cahaya
Penggunaan filter light untuk pemenuhan persyaratan kreatif dan atau teknis. Karakter cahaya
Pemilihan filter light
Penggunaan filter light Mengidentifikasi karakter cahaya
Mengeksplorasi efek cahaya
Menggunakan filter light dan mengaturnya sesuai seni dan teknis. Ujian tulis
Ujian praktik
Unjuk kerja 1 1(2) 1(4) Filter light
Buku penunjang
Internet
Industri terkait
3. Menyiapkan pemasangan lighting Pemeriksaan semua aspek operasional dari peralatan lighting untuk memastikan kesiapan untuk difilmkan.
Pembetulan masalah dan kesalahan, serta informasi kepada personel yang relevan untuk masalah yang berkelanjutan
Penggunaan peralatan pengaman yang benar dan mengikuti prosedur keamanan saat membetulkan kesalahan
Stand by untuk melaksanakan tugas sebelum pengambilan gambar lain yang mungkin diperlukan Menyiapkan operasional lighting Memeriksa semua aspek operasional dari peralatan lighting untuk memastikan kesiapan produksi
Mengatur warna dan level
Mengkonfirmasikan masalah-masalah tertentu yang berhubungan dengan lighting kepada personel yang relevan untuk segera ditindak lanjuti
Menyiapkan diri selalu siap dalam pengambilan gambar berikutnya Ujian praktik 1 - - Alat tulis
Peralatan lighting yang relevan
Lampu utama
Sumber listrik
Teknisi ahli
Peralatan pengaman lighting yang relevan
Buku penunjang
Internet
Industri terkait
4. Memasang lighting Perencanaan tata letak cahaya menggunakan prinsip three point lighting
Diskusi dengan tim produksi tentang kebutuhan intyensitas cahaya sesuai skrip Tata letak light Mengkoordinasikan tata letak light kepada tim produksi agar cahaya yang dihasilkan sesuai dengan skrip/skenario Ujian tulis
Ujian praktik 1 - - Tripot light
Light
Sumber listrik
Buku penunjang
Internet
Teknisi ahli
5. Memastikan keamanan mekanik Memasang lampu dengan aman
Memastikan suhu normal pada barndors untuk menutupnya Prosedur perawatan lighting Memberikan ventilasi yang cukup untuk lampu utama
SOP penggunaan lighting Ujian tulis
Ujian praktik 1 1 1 Peralatan lighting yang relevan
Sumber listrik
Buku sumber
6. Memastikan keamanan listrik Semua lampu telah disambungkan ke tegangan yang sesuai dan rata-rata arus dan frekuensi SOP penyalaan lighting Memastikan semua lampu utama telah disambungkan sumber tegangan yang sesuai arus dan frekuensinya
Memilih jenis pengukuran yang benar AC/DC.
Ujian tulis
Ujian praktik 1 - - Peralatan lighting yang relevan
Sumber listrik
Buku penunjang
Internet
Industri terkait
7. Membongkar peralatan lighting Mengidentifikasi bagian-bagian light
Diskusi dengan tim produksi yang terkait dalam upaya pembetulan bagian-bagian light yang perlu dibetulkan Bagian-bagian light
Perawatan masing-masing bagian light Memahami bagian-bagian lampu/light
Membongkar dan memasang kembali bagian-bagian lampu Unjuk kerja 2 - - Peralatan lighting yang relevan
Sumber listrik
Buku penunjang
Internet
Industri terkait
SILABUS. 12
NAMA SEKOLAH : SMK Negeri 11 Semarang
MATA PELAJARAN : Produktif Multimedia
KELAS/SEMESTER : X/1
STANDAR KOMPETENSI : Menerapkan efek khusus pada objek produksi
KODE KOMPETENSI : -
ALOKASI WAKTU : 48 x 45 menit
KOMPETENSI DASAR INDIKATOR MATERI PEMBELAJARAN KEGIATAN PEMBELAJARAN PENILAIAN ALOKASI WAKTU SUMBER BELAJAR
TM PS PI
1. Mengepak dan membongkar artikel efek khusus untuk transportasi Mengenal perangkat lunak efek khusus dalam digital editing
Mengetahui hasil efek khusus sebagai penunjang produksi
Mengenal bahan penunjang efek khusus dalam digital editing
Mengenal kebutuhan materi penunjang efek khusus dalam digital editing Editing video
Memasukkan gambar 2d maupun 3d ke dalam sajian video Memperkenalkan perangkat lunak efek khusus dalam digital editing
Memperkenalkan hasil efek khusus sebagai penunjang produksi
Memperkenalkan bahan penunjang efek khusus dalam digital editing
Mempersiapkan kebutuhan materi penunjang efek khusus dalam digital editing Ujian tulis
Ujian praktik
Unjuk kerja 2 12 8 Buku penunjang
Internet
2. Menggabungkan dan membongkar efek khusus pada lokasi produksi Dapat melakukan capturing audio video dari media rekam ke dalam computer
Melakukan editing audio dan video sehingga tercipta harmonisasi Editing Video menggunakan efek khusus Editing video sesuai dengan skrip
Presentasi Ujian tulis
Ujian praktik
Portofolio
Unjuk kerja 2 12 - Buku penunjang
Internet
Tenaga ahli
3. Merawat penampilan efek khusus untuk rangkaian Memahami simulasi pembuatan efek khusus
Mengenali menu dan fitur, serta membuat, mem-buka, menyimpan file efek visual
Mampu Melakukan pembuatan efek visual
Mampu mengintegrasikan efek visual ke dalam multimedia
Menjelaskan macam – macam efek khusus
Mengenali menu dan fitur, serta membuat, mem-buka, menyimpan file efek visual
Melakukan pembuatan efek visual
Mengintegrasikan efek visual ke dalam multimedia Menjelaskan dan Praktikum Pembuatan efek khusus (Trimming, keying, speed, colorize)
Menggunakan menu dan interface software visual effects secara tepat
Membuat efek visual sederhana
Menyimpan file efek visual dengan menggunakan format mpg, avi, vob.
Mengaplikasikan dan mengintegrasikan fitur dan efek-efek visual dalam pembuatan film pendek sederhana sesuai storyboard contoh:video klip, ILM Ujian praktik
Unjuk kerja
Presentasi 4 4 Buku penunjang
Internet
4. Transfering obyek Mampu melakukan rendering video menggunakan soft ware video editing
Mampu melakukan transferring video menggunakan media pita kaset, VCD, dan DVD autorun Transfering obyek Melakukan proses rendering video dalam format AVI, mpg, mp4
Melakukan transferring video menggunakan media pita kaset, VCD, dan DVD autorun Ujian tulis
Unjuk kerja
Ujian praktik
Portofolio 2 2 Buku penunjang
Internet
Tenaga ahli
SILABUS. 13
NAMA SEKOLAH : SMK Negeri 11 Semarang
MATA PELAJARAN : Produktif Multimedia
KELAS/SEMESTER : XII/6
STANDAR KOMPETENSI : Menyusun proposal penawaran
KODE KOMPETENSI : -
ALOKASI WAKTU : 228 x 45 menit
KOMPETENSI DASAR INDIKATOR MATERI PEMBELAJARAN KEGIATAN PEMBELAJARAN PENILAIAN ALOKASI WAKTU SUMBER BELAJAR
TM PS PI
4. Menganalisa syarat-syarat proyek Identifikasi proyek/syarat-syarat klien
Identifikasi kriteria dan spesifikasi untuk memastikan bahwa proposal/tender sesuai dengan spesifikasi Proyek/syarat-syarat klien
Kriteria dan spesifikasi proposal/tender Mengidentifikasi syarat-syarat proyek dengan cermat
Mengidentifikasi syarat-syarat klien dengan cermat
Mengidentifikasi kriteria dan spesifikasi yang tertulis di dalam proposal sesuai dengan spesifikasi proyek Ujian tulis
Ujian lisan 32 32(64) - Contoh-contoh surat proyek
Contoh-contoh surat tender
5. Menentukan ketrampilan yang sesuai dengan persyaratan laporan Identifikasi sumber-sumber tenaga kerja dan peralatan yang diperlukan untuk memenuhi syarat-syarat proposal/tender.
Keterampilan yang sesuai dengan persyaratan ditentukan dalam bentuk konsultasi dengan orang yang sesuai. Pemenuhan persyaratan proposal Mengidentifikasi sumber-sumber tenaga kerja dengan cermat
Mengidentifikasi peralatan yang dibutuhkan dalam mengerjakan proyek dengan cermat
Mendaftar/menginventaris sumber tenaga kerja dan peralatan sesuai dengan syarat proyek
Menentukan ketrampilan yang dibutuhkan agar sesuai dengan syarat proyek
Mengkonsultasikan isi proposal agar memenuhi persyaratan proyek Ujian tulis
Ujian lisan 32 32(64) - Contoh-contoh surat proyek
Contoh-contoh surat tender
6. Memperkirakan biaya dan sumber-sumber yang ada Ditentukan biaya dan ada tidaknya tenaga, peralatan yang harus disewa atau dibeli.
Dikembangkan rincian biaya yang mencakup semua aspek kerja yang dibutuhkan untuk menyelesaikan proyek.
Bila ada bidang-bidang yang secara singkat tidak jelas, harus dirundingkan dengan klien.
Kemungkinan – kemungkinan kerja disediakan berdasarkan kenyataan di industri dan pengalaman masa lalu. Perkiraan biaya dan sumber sumber yang ada Menentukan ada tidaknya tenaga kerja yang harus dilibatkan dalam proyek dengan teliti
Menentukan ada tidaknya peralatan yang akan digunakan selama mengerjakan proyek dengan teliti
Menentukan biaya tenaga kerja yang harus dikeluarkan selama mengerjakan proyek dengan teliti
Menentukan biaya perawatan dan atau pengadaan peralatan yang harus dikeluarkan selama mengerjakan proyek dengan teliti
Merundingkan kejelasan bidang-bidang yang akan dikerjakan selama pengerjaan proyek dengan klien dengan cermat
Mendaftar pengalaman mengerjakan proyek di masa lalu dengan teliti
Menerangkan kepada klien tentang pengalaman mengerjakan proyek di masa lalu dengan benar Ujian tulis
Ujian lisan 64 64(128) - Contoh-contoh surat proyek
Contoh-contoh surat tender
7. Menyiapkan proposal atau permohonan tender Disiapkan proposal/dokumen tender termasuk rincian spefikasi kerja yang harus dikerjakan dan rincian pembiayaan.
Semua informasi dinyatakan dengan jelas dan akurat dan dipastikan bahwa informasi – informasi tersebut relevan.
Diskusi proposal/tender dengan kolega dan para ahli yang sesuai, untuk mendapatkan umpan balik.
Proposal/tender disiapkan dan diserahkan ke klien sebelum tanggal yang diminta.
Proposal/tender dievaluasi pada bagian persyaratan-persyaratan. Proposal atau permohonan tender Membuat rincian spesifikasi kerja yang akan dilaksanakan selama pengerjaan proyek dengan teliti
Membuat rincian biaya yang akan dikeluarkan selama pengerjaan proyek dengan teliti
Menyusun proposal berdasarkan rincian spesifikasi kerja dan rincian biaya dengan teliti dan rapi
Meneliti dan memastikan bahwa informasi yang terdapat di dalam proposal tersaji dengan jelas, akurat dan relevan
Mendiskusikan proposal yang telah dibuat dengan para kolega dan para ahli agar diperoleh umpan balik yang baik
Memeriksa ulang bagian persyaratan-persyaratan proyek dengan teliti
Menyiapkan dan menyerahkan proposal kepada klien sebelum tanggal batas akhir penyerahan Ujian tulis
Ujian lisan 64 64(128) - Contoh-contoh surat proyek
Contoh-contoh surat tender
8. Menyajikan permohonan bilamana diperlukan Proposal/tender disajikan secara profesional dan efektif.
Dijelaskan keuntungan dan karakter-karakter kreatif dari proposal atau tender. Penyajian proposal/tender Menyajikan proposal kepada klien secara profesional dan efektif
Menjelaskan keuntungan dan karakter-karakter kreatif yang terdapat di dalam proposal kepada klien dengan sunguh-sungguh Ujian tulis
Ujian lisan 30 30(60) - Contoh-contoh surat proyek
Contoh-contoh surat tender
9. Berusaha meraih persetujuan bilamana perlu Persetujuan proposal dan tender dipastikan dalam bentuk tertulis tanpa penundaan.
Dipastikan bahwa semua amandemen didokumentasikan dengan jelas. Meraih persetujuan Memastikan bahwa proposal disetujui oleh klien dan tanpa adanya penundaan secara tertulis
Mendokumentasikan semua amandemen dengan rapi dan jelas Ujian tulis
Ujian lisan 6 6(12) - Contoh-contoh surat proyek
Contoh-contoh surat tender
SILABUS. 14
NAMA SEKOLAH : SMK Negeri 11 Semarang
MATA PELAJARAN : Produktif Multimedia
KELAS/SEMESTER : -
STANDAR KOMPETENSI : Membuat Sajian multimedia interaktif
KODE KOMPETENSI : -
ALOKASI WAKTU : 60 x 45 menit
KOMPETENSI DASAR INDIKATOR MATERI PEMBELAJARAN KEGIATAN PEMBELAJARAN PENILAIAN ALOKASI WAKTU SUMBER BELAJAR
TM PS PI
1. Mempersiapkan software multimedia Software multimedia telah ter-instalasi dan dapat berjalan normal
User manual software multi-media sudah disediakan dan dipahami
Perangkat komputer sudah dinyalakan, dengan sistem operasi dan persyaratan sesuai dengan Installation manual dan SOP yang berlaku
Software multimedia dijalankan. Instalasi software multimedia
Identifikasii proses aktifasi sistem operasi dan software multi-media
Pengoperasian software multimedia Menginstalasi software multimedia.
Menjelaskan fungsi software multimedia.
Menyalakan komputer sesuai dengan Installation manual dan SOP.
Menjalankan software multimedia sesuai prosedur. Contoh: Macromedia Director atau After Effects.
Tes tertulis / Lisan
Tes Praktik
Pemberian tugas 2 2 (4) - • Buku Macromedia Director
• Buku After Effects
• Modul
2. Mengenali menu dan interface, serta membuat, membuka, menyimpan file multimedia Objek multimedia, menu, dan interface yang disediakan software multimedia beserta shortcut-nya dikenali berdasarkan user manual
Fitur pengelolaan file software multimedia dapat digunakan, seperti: buat/create/ new, simpan/save, buka/ open, simpan dengan nama lain/ save as.
Fasilitas siap pakai seperti wizard, libraries, atau template pada software multimedia dimanfaatkan untuk pembuatan multimedia sederhana
Penyimpanan file software multimedia menggunakan berbagai format yang dikenal, seperti: fla, dir, swf, exe, dsb Objek multimedia, menu dan interface software multimedia
Pengelolaan file software multimedia
Fasilitas wizard/libraries/ template multimedia sederhana
Penyimpanan file multimedia dengan berbagai format Menggunakan menu dan interface software multimedia secara tepat.
Menggunakan fitur pengelolaan file .software multimedia sesuai tujuannya
Membuat multimedia sederhana dengan fasilitas wizard/libraries/ template.
Menyimpan file multimedia dengan menggu-akan format fla, dir, swf, exe, dsb. Tes tertulis / Lisan
Tes Praktik
Pemberian tugas 8 6(12) - • Buku Macromedia Director
• Buku After Effects
• Modul
3. Melakukan pembuatan halaman multimedia interaktif Gaya dinamik dan interaktif dipahami dan diaplikasikan dalam pembuatan multimedia
Objek lain seperti teks, gambar/foto, animasi, suara/audio, dan video dapat dikombinasikan dan diintegrasikan (di-import) ke dalam multimedia dengan menggunakan sofware multimedia Gaya dinamik dan interaktif
Integrasi objek teks, gambar/foto, animasi, suara/audio dan video
Tahapan proses kombinasi dan gabung (mixing) objek dalam multimedia Membuat multimedia dengan gaya dinamik.
Membuat multimedia dengan gaya interaktif.
Mengkombinasikan objek teks, gambar/foto, animasi, suara/audio dan video.
Melakukan penggabungan/kombinasi objek dalam multimedia. Tes tertulis / Lisan
Tes Praktik
Pemberian tugas 4 20(40) 10(20) • Buku Macromedia Director
• Buku After Effects
• Modul
4. Melakukan finalisasi (packaging) hasil pengembangan multimedia File multimedia yang telah selesai difinalisasi dapat dikemas (packaging) ke dalam CD-ROM Interaktif
File multimedia yang telah selesai difinalisasi dapat di-konversi (convert) menjadi web interaktif
Finalisasi file multi-media ke dalam CD-ROM interaktif
Teknik finalisasi file multimedia ke dalam CD-ROM interaktif dan web interaktif Menjelaskan tahapan proses finalisasi file multi-media ke dalam CD-ROM interaktif dan web inter-aktif
Mengemas (finalisasi) paket file multimedia ke dalam CD-ROM interaktif dengan sempurna
Mengemas (finalisasi) paket file multimedia ke dalam web interaktif dengan sempurna Tes tertulis / Lisan
Tes Praktik
Pemberian tugas 4 15(30) 10(40)
• Buku Macromedia Director
• Buku After Effects
• Modul
SILABUS MATA PELAJARAN
BIDANG KEAHLIAN MULTI MEDIA
SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 11 SEMARANG
TH. 2011
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
thank yaws