PRAKATA
Puji syukur penulis panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat-Nya, sehingga penulis dapat menyelesaikan makalah ini degan baik. Makalah ini membahas tentang Model Pembelajaran Orang Dewasa. Penulis berharap semoga makalah ini dapat berguna bagi penulis pada khususnya dan bagi pembaca pada umumnya.
Penulis mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu terselesainya makalah ini, sehingga menjadi makalah yang baik sepertri yang ada dihadapan pembaca.
Penulis menyadari bahwa makalah ini belum sempurna,oleh karena itu penulis mengharapkan kritik dan saran yang membngun dari pembaca agar dapat menjadi makalah yang lebih baik.
Semarang, 16 Oktober 2011
Penyusun
DAFTAR ISI
Halaman Judul ..................................................................................................................... i
Prakata ................................................................................................................................. ii
Daftar Isi .............................................................................................................................. iii
Bab I Pendahuluan
1.1 Latar Belakang ............................................................................................................... 1
1.2 Rumusan Masalah .......................................................................................................... 1
1.3 Tujuan Penulisan ............................................................................................................ 2
Bab II Pembahasan
D. Berbagai Pendekatan Belajar Bengajar.......................................................................3
2.1 Penjelasan berbagai pendekatan belajar mengajar..............................................................3
2.2 pendekatan individual................................................................................................... ....3
2.3 pendekatan kelompok...................................................................................................4
2.4 pendekatan bervariasi...............................................................................................4
2.5 pendekatan edukatif ....................................................................................................5
2.6 pendekatan pengalaman ..........................................................................................5
2.7 pendekatan pembiasaan...........................................................................................5
2.8 pendekatan emosional.............................................................................................6
2.9 pendekatan rasional..................................................................................................7
2.10 pendekatan fungsional...........................................................................................7
2.11 pendekatan keagamaan..........................................................................................7
2.12 pendekatan bermakna............................................................................................7
Bab III Penutup
3.1 Simpulan ........................................................................................................................ ....9
Daftar Pustaka ..................................................................................................................... ..10
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 LATAR BELAKANG
Dalam kegiatan belajar mengajar yang berlangsung telah terjadi interaksi yang bertujuan. Guru dan anak didiklah yang menggerakkannya. Interaksi yang bertujuan itu disebabkan gurulah yang memaknainya dengan menciptakan lingkungan yang bernilai edukatif demi kepentingan anak didik dalam belajar.
Guru ingin memberikan layanan yang terbaik bagi anak didik, dengan menyediakan lingkungan yang menyenangkan dan menggairahkan. Guru berusaha menjadi pembimbing yang baik dengan peranan yang aktif dan bijaksana, sehingga tercipta hubungan dua arah yang harmonis antara guru dan anak didik.
Dalam mengajar, guru harus pandai menggunakan pendekatan secara arif dan bijaksana, bukan sembarangan yang bisa merugikan anak didik. Pandangan guru terhadap anak didik akan menentukan sikap dan perbuatan. Setiap guru tidak selalu mempunyai pandangan yang sama dalam menilai anak didik. Hal ini akan mempengaruhi pendekatan yang diambil guru dalam melakukan pengajaran.
Oleh karena itu, sebelum guru melakukan pengajaran diharapkan telah mengetahui pendekatan yang diambil adalah tepat untuk anak didiknya. Supaya proses belajar mengajar bisa berjalan lancar. Maka dalam hal ini penyusun mengambil judul “Berbagai Pendekatan Dalam Belajar Mengajar”, karena penyusun melihat pendekatan yang tepat dapat menyampaikan tujuan pembelajaran dan pendekatan dalam belajar mengajar harus dapat diketahui dan dipahami guru.
1.2 RUMUSAN MASALAH
Rumusan dalam makalah ini adalah :
1.Apa saja pendekatan belajar mengajar ?
2.Apa yang dimaksud dengan pendekatan individual ?
3. Apa yang dimaksud dengan pendekatan kelompok ?
4. Apa yang dimaksud dengan pendekatan bervariasi ?
5. Apa yang dimaksud dengan pendekatan edukatif ?
6. Apa yang dimaksud dengan pendekatan pengalaman ?
7. Apa yang dimaksud dengan pendekatan pembiasaan ?
8. Apa yang dimaksud dengan pendekatan emosional ?
9. Apa yang dimaksud dengan pendekatan rasional ?
10. Apa yang dimaksud dengan pendekatan fungsional ?
11. Apa yang dimaksud dengan pendekatan keagamaan ?
12. Apa yang dimaksud dengan pendekatan bermakna ?
1.3 TUJUAN PENULISAN
Tujuan penulisan makalah ini adalah :
1. Untuk mengetahui dan memberikan informasi mengenai berbagai pendekatan belajar mengajar
2. Untuk mengetahui dan memberikan informasi tentang pendekatan individual
3. Untuk mengetahui dan memberikan informasi mengenai pendekatan kelompok
4. Untuk mengetahui dan memberikan informasi tentang pendekatan bervariasi
5. Untuk mengetahui dan memberikan informasi mengenai pendekatan edukatif
6. Untuk mengetahui dan memberikan informasi tentang pendekatan pengalaman
7. Untuk mengetahui dan memberikan informasi mengenai pendekatan pembiasaan
8. Untuk mengetahui dan memberikan informasi tentang pendekatan emosional
9. Untuk mengetahui dan memberikan informasi mengenai pendekatan rasional
10. Untuk mengetahui dan memberikan informasi tentang pendekatan fungsional
11. Untuk mengetahui dan memberikan informasi mengenai pendekatan keagamaan
12. Untuk mengetahui dan memberikan informasi tentang pendekatan bermakna
BAB II
BERBAGAI PENDEKATAN DALAM
BELAJAR MENGAJAR
Guru yang memandang anak didik sebagai pribadi yang berbeda dengan anak didik lainnya akan berbeda dengan guru yang memandang anak didik sebagai makhluk yang sama dan tidak ada perbedaan dalam segala hal. Maka adalah penting meluruskan pandangan yang keliru dalam menilai anak didik. Sebaiknya guru memandang anak didik sebagai individu dengan segala perbedaan, sehingga mudah melakukan pendekatan dalam pengajaran. Ada beberapa pendekatan yang diajukan dalam pembicaraan ini dengan harapan dapat membantu guru dalam memecahkan berbagai maslaah dalam kegiatan belajar mengajar. Demi jelasnya ikutilah uraian berikut.
A. Pendekatan Individual
Pendekatan individual merupakan pendekatan langsung dilakukan guru terhadap anak didiknya untuk memecahkan kasus anak didiknya tersebut.
Pendekatan individual mempunyai arti yang sangat penting bagi kepentingan pengajaran. Pengelolaan kelas sangat memerlukan pendekatan individual ini. Pemilihan metode tidak bisa begitu saja mengabaikan kegunaan pendekatan individual, sehingga guru dalam melaksanakan tugasnya selalu saja melakukan pendekatan individual terhadap anak didik di kelas. Persoalan kesulitan belajar anak lebih mudah dipecahkan dengan menggunakan pendekatan individual, walaupun suatu saat pendekatan kelompok diperlukan.
B. Pendekatan Kelompok
Pendekatan kelompok merupakan pendekatan yang dilakukan guru dengan cara mengelompokkan anak didiknya sesuai dengan kriterianya demi tercapainya kegiatan belajar mengajar.
Ketika guru ini menggunakan pendekatan kelompok, maka guru harus sudah mempertimbangkan bahwa hal itu tidak bertentangan dengan tujuan. Fasilitas belajar pendukung, metode yang akan dipakai sudah dikuasai, dan bahan yang akan diberikan kepada anak didik memang cocok didekati dengan pendekatan kelompok. Karena itu, pendekatan kelompok tidak bisa dilakukan seacara sembarangan, tetapi harus mempertimbangkan hal-hal lain yang ikut mempengaruhi penggunaannya.
C. Pendekatan Bervariasi
Ketika guru dihadapkan kepada permasalahan anak didik yang bermasalah, maka guru akan berhadapan dengan permasalahan anak didik yang bervariasi. Setiap masalah yang dihadapi oleh anak didik tidak selalu sama, terkadang ada perbedaan.
Permasalahan yang dihadapi oleh setiap anak didik biasanya bervariasi, maka pendekatan yang digunakan pun akan lebih tepat dengan pendekatan bervariasi pula. Misalnya, anak didik yang tidak disiplin dan anak didik yang suka berbicara akan berbeda pemecahannya dan menghendaki pendekatan yang berbeda-beda pula. Demikian juga halnya terhadap anak didik yang membuat keribuatan. Guru tidak bisa menggunakan teknik pemecahan yang sama untuk memecahkan permasalahan yang lain. Kalaupun ada, itu hanya pada kasus tertentu. Perbedaan dalam teknik pemecahan kasus itulah dalam pembicaraan ini didekati dengan “pendekatan bervariasi”.
D. Pendekatan Edukatif
Apa pun yang guru lakukan dalam pendidikan dan pengajaran dengan tujuan untuk mendidik, bukan karena motif-motif lain, seperti dendam, gengsi, ingin ditakuti dan sebagainya.
Anak didik yang telah melakukan kesalahan, yakni membuat keribuatan di kelas ketika guru sedang memberikan pelajaran, misalnya, tidak tepat diberikan sanksi hukum dengan cara memukul badannya hingga luka atau cidera. Ini adalah tindakan sanksi hukum yang tidak bernilai pendidikan. Guru telah melakukan pendekatan yang salah. Guru telah menggunakan teori power, yakni teori kekuasaan untuk menundukkan orang lain. Dalam pendidikan, guru akan kurang arif dan bijaksana bila menggunakan kekuasaan, karena hal itu bisa merugikan pertumbuhan dan perkembangan kepribadian anak didik. Pendekatan yang benar bagi guru adalah dengan melakukan pendekatan edukatif adalah setiap tindakan, sikap, dan perbuatan yang guru lakukan harus bernilai pendidikan, dengan tujuan untuk mendidik anak didik agar menghargai norma hukum, norma susila, norma moral, norma sosial dan norma agama.
Selain berbagai pendekatan yang disebabkan di depan, ada lagi pendekatan-pendekatan lain. Berdasarkan kurikulum atau Garis-garis Besar Program Pengajaran (GHBP) Pendidikan Agama Islam SLTP Tahun 1994 disebutkan lima macam pendekatan untuk pendidikan agama Islam, yaitu :
E. Pendekatan Pengalaman
Meskipun pengalaman diperlukan dan selalu dicari selama hidup, namun tidak semua pengalaman tidak bersifat mendidik (edukative experience), karena ada pengalaman yang tidak bersifat mendidik (misedukative experience). Suatu pengalaman dikatakan tidak mendidik, jika guru tidak membawa anak ke arah tujuan pendidikan, akan tetapi mengyelewengkan dari tujuan itu, misalnya “mendidik anak menjadi pencopet”. Karena itu, ciri-ciri pengalaman yang edukatif adalah berpusat pada suatu tujuan yang berarti bagi anak (meaningful), kontinu dengan kehidupan anak, interaktif dengan lingkungan dan menambah integrasi anak. Demikianlah pendapat Witherington.
F. Pendekatan Pembiasaan
Menanamkan kebiasaan yang baik memang tidak mudah dan kadang-kadang makan waktu yang lama. Tetapi sesuatu yang sudah menjadi kebiasaan sukar pula untuk mengubahnya. Maka adalah penting, pada awal kehidupan anak, menanamkan kebiasaan-kebiasaan yang baik saja dan jangan sekali-kali mendidik anak berdusta, tidak disiplin, suka berkelahi dan sebagainya. Tetapi tanamkanlah kebiasaan seperti ikhlas melakukan puasa, gemar menolong orang yang kesukaraan, suka membantu fikir dan miskin, gemar melakukan salat lima waktu, aktif berpartisipasi dalam kegiatan yang baik-baik, dan sebagainya. Maka dari itu pengaruh lingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat tidak bisa dielakkan dalam hal ini.
G. pendekatan Emosional
Emosi adalah gejala kejiwaan yang ada didalam diri seseorang . Emosi berhubungan dengan masalah perasaaan. Seorang yang mempunyai perasaan pasti dapat merasakan sesuatu, baik perasaan jasmaniah maupun perasaan rohaniah,perasaan rohaniah didalamnya ada perasaan intelektual, perasaan estetis, perasaan etis, perasaan sosiadan perasaan harga diri. Menurut Chalijah Hasan (1994; 39) mersa adalah aktualisasi dari hati sebagai materi dalam struktur tubuh manusia, dan mersa sebagai aktifitas kewajiban ini adalah suatu pernyataan jiwa yang beersifat subjektif. Hal ini dilakukan dengan mengemukaan suatu kesan senang atau tidak senang, dan umumnya tidak tergantung pada pengamatan yang dilakukan oleh indra.
Perasaan menurut Abu Ahmad dan Widodo Supriyono 1991, 36) sebagai fungsi jiwa untuk dapat mempertimbangkan dan mengukur sesuatu menurut “rasa senang dan tidak senang “, mempunyai sifat-sifat senang dan sedih/tidak senang, kuat dan lemah, lama dan sebentar, relatif dan tidak berdiri sendiri sebagai pernyataan jiwa.
Emosi atau perasaan adalah sesuatu yang peka. Emosi akan memberi tanggapan (respont) bila ada rangsangan (stimulus) dari luar diri seseorang. Baik rangsangan verbal maupun nonverbal, mempengaruhi kadar emosi seseorang rangsangan verbal yaitu misalnya ceramah, cerita, sindiran, pujian, ejekan berita, dialog, anjuran , perintah dan sebagainya. Sedangkan rangsangan nonverbal dalam bentuk perilaku berupa sikap dan perbuatan.
Emosi mempunyai peranan yang penting pembentukan kepribadian seseorang itulah sebab pendekatan emosional yang berdasarkan emosi atau perasaan yang dijadikan sebagai salah satu pendekatan dalam pendidikan dan pengajaran, terutama untuk pendidikan agama islam, pendekatan emosional dimaksudkan disini adalah suatu usaha untuk menggugah perasaan dan emosi siswa dalam meyakini, memahami, dan menghayati ajaran agamanya. Dengan pendekatan ini diusahakan selalu mengembangkan perasaan keagamaan siswa agar bertambah kuat keyakinannya akan kebesaran Allah SWT dan kebenaran agamanya. Untuk mendukung tercapainya tujuan emosional ini, metode mengajar perlu yang perlu dipertimbangkan antara lain adalah metode ceramah, bercerita, dan sosialdrama.
H. pendekatan Rasional
Manusia adalah makluk yang sempurna diciptakan , manusia berbeda dengan mahluk lainyayang diciptakan oleh Allah SWT. Perbedaannya terletak pada akal. Manusia memiliki akal, sedangkan mahluk yang lainya seperti binatang dan sejenisnya tidak memiliki akal . jadi hanya manusialah yang dapat berpikir, sedangkan mahluk lainya tidak mampu berfikir.
Dengan kekuatan akalnya manusia dapat membedakan mana perbuatan yang baik dan mana perbuatan yang buruk, mana kebenaran dan mana kedustaan dari sesuatu ajaran atau perbuatan.walaupun disadari keterbatasan akal untuk memikirkan dan memecahkan sesuatu tetapi diyakini pula bahwa denagan akal dapat dicapai ketinggian ilmu pengetahuan dan penghasilan teknologi modern.
Disekolah anak didik dididik dengan berbagai ilmu pengetahuan. Perkembangan berpikir anak dibimbing kearah yang lebih baik, sesuai dengan tingkat usia anak. Perkembangan berfikir anak dari yang abstarak sampai yang konkret. Maka pembuktian suatu kebenaran , dalil, prinsip atau hukum menghendaki dari hal-hal yang sangat sederhana menuju kekompleks.pembuktian tentang sesuatu yang berhubungan dengan masalah keagamaan harus sesuai dengan tingkat berfikir anak.
Karena keampuhan akal atau rasio itulah akhirnya dijadikan pendekatan yang disebut pendekatan rasional guna kepentingan pendidikan dan pengajaran disekolah. Untuk mendukung pemakaian pendekatan ini, maka metode mengajar perlu dipertimbangkan antara lain adalah metode ceramah, tanya jawab , diskusi, kerja kelompok, latihan dan pemberian tugas.
I. Pendekatan Fungsional
Pendekatan fungsional yang diterapkan di sekolah diharapkan dapat menjembatani harapan tersebut. Untuk memperlicin jalan ke arah itu, tentu saja dipergunakan metode mengajar. Dalam hal ini ada beberapa metode mengajar yang perlu dipertimbangkan, antara lain adalah metode latihan, pemberian tugas, ceramah, tanya jawab dan demontrasi.
J. Pendekatan Keagamaan
Khususnya untuk mata pelajaran umum, sangat berkepentingan dengan pendekatan keagamaan. Hal ini dimaksudkan agar nilai budaya ilmu itu tidak sekuler, tetapi menyatu dengan nilai agama. Dengan penerapan prinsip-prinsip mengajar seperti prinsip korelasi dan sosialisasi, guru dapat menyisipkan pesan-pesan keagamaan untuk semua mata pelajaran umum. Tentu saja guru harus menguasai ajaran-ajaran agama yang sesuai dengan mata pelajaran yang dipegang. Misalnya : surah Yasiin ayat 34 dan 36 adalah bukti nyata bahwa pelajaran biologi tidak bisa dipisahkan dari ajaran agama.
Akhirnya pendekatan agama dapat membantu guru untuk memperbaiki kerdilnya jiwa agama di dalam diri siswa, yang pada akhirnya nilai-nilai agama tidak dicemoohkan dan dilecehkan, tetapi diyakini, dipahami, di hanyati dan di amalkanselama hayat siswa di kandung badan.
K. Pendekatan Kebermaknaan
Bahasa adalah alat untuk menyampaikan dan memahami gagasan, pikiran, pendapat dan perasaan, secara lisan maupun tulisan. Bahasa Inggris adalah bahasa asing pertama di Indonesia yang dianggap penting untuk tujuan penyerapan dan pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi, seni budaya dan pembinaan hubungan dengan bangsa-bangsa lain di dunia.
Dalam rangka penguasaan bahasa Inggris tidak bisa mengabaikan masalahpendekatan yang harus digunakan dalam proses belajar mengajar. Kegagalan penguasaan bahasa Inggris oleh siswa, salah satu sebabnya adalah kurang tepatnya pendekatan yang digunakan oleh guru selain faktor lain seperti faktor sejarah, fasilitas dan lingkungan serta kompetensi guru itu sendiri. Hal ini perlu dipecahkan, salah satu alternatif ke arah pemecahan masalah tersebut diajukanlah pendekatan baru, yaitu pendekatan kebermaknaan.
BAB III
PENUTUP
3.1 SIMPULAN
Dalam kegiatan belajar mengajar yang berlangsung telah terjadi interaksi yang bertujuan. Guru dan anak didiklah yang menggerakkannya. Ketika kegiatan belajar mengajar itu berproses, guru harus dengan ikhlas dalam bersikap dan berbuat, serta mau memahami anak didiknya dengan segala konsekuensinya. Hal ini akan mempengaruhi pendekatan yang guru ambil dalam pengajaran. Pendekatan yang tepat maka akan berlangsung belajar mengajar yang menyenangkan.
Akhirnya, perlu diikhtisarkan bahwa ada berbagai pendekatan yang dapat dipergunakan dalam pendidikan dan pengajaran, yaitu : Pendekatan individual, pendekatan kelompok, pendekatan bervariasi, pendekatan edukatif (pendidikan), pendekatan pengalaman, pendekatan pembiasaan, pendekatan emosional, pendekatan rasional, pendekatan fungsional, pendekatan keagamaan dan pendekatan kebermaknaan.
DAFTAR PUSTAKA
Challjah Hasan, Dimensi-dimensi Psikologi Pendidikan, Al-Ikhlas, Surabaya, Cetakan I, 1994.
______ , Menjadi Guru Profesional, Remaja Rosdakarya, Bandung, Cetakan II, 1990.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
thank yaws