Selasa, 11 September 2012

program akademik universitas terbuka

BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Universitas Terbuka (UT) adalah Perguruan Tinggi Negeri ke-45 di Indonesia yang diresmikan pada tanggal 4 September 1984, berdasarkan Keputusan Presiden RI Nomor 41 Tahun 1984. UT menerapkan sistem belajar jarak jauh dan terbuka. Istilah jarak jauh berarti ada keterpisahan antara dosen dan mahasiswa sehingga proses pembelajaran dilaksanakan secara mandiri dengan menggunakan berbagai media, baik media cetak (modul) maupun non-cetak (audio/video, komputer/internet, siaran radio, dan televisi). Sedangkan istilah terbuka berarti tidak ada pembatasan usia, tahun ijazah, masa belajar, waktu registrasi,dan frekuensi mengikuti ujian. Batasan yang ada hanyalah bahwa setiap calon mahasiswa UT harus sudah menamatkan jenjang pendidikan menengah atas (SMA atau yang sederajat).
Universitas terbuka memiliki empat fakultas dan satu Program Pascasarjana yang menawarkan lebih dari 30 program studi meliputi Program Magister (S2), Program Sarjana (S1), Program Diploma (D1, D2, D3, dan D4), dan Program Sertifikat.

1.2 Rumusan Masalah
• Apa pengertian program akademik?
• Jelaskan jenjang pada program studi di universitas terbuka!
• Jelaskan fakultas yang ada di universitas terbuka!
1.3 Tujuan
• Dapat menjelaskan pengertian program akademik.
• Dapat menjelaskan jenjang yang ada pada program studi di universitas terbuka.
• Dapat menjelaskan fakultas yang ada di universitas terbuka.



BAB II
PEMBAHASAN
2.1 Pengertian Program Akademik

Berdasarkan UU no 20 tahun 2005 pasal 19 ayat 1 menyebutkan bahwa Pendidikan tinggi merupakan jenjang pendidikan setelah pendidikan menengah yang mencakup program pendidikan diploma, sarjana, magister, spesialis, dan doktor yang diselenggarakan oleh pendidikan tinggi. Program akademik itu sendiri adalah program system persekolahan yang hanya mempersiapkan sejumlah mata pelajaran yang diperuntukan bagi siswa yang ingin melanjutkan studi.
Tujuan umum program akademik adalan menyiapkan peserta didik (mahasiswa) menjadi warga Negara yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berjiwa Pancasila, memiliki integritas kepribadian yang tinggi, terbuka dan tanggap terhadap perubahan dan kemajuan ilmu pengetahuan, teknologi, kesenian, dan masalah yang dihadapi masyarakat, khususnya yang berkaitan dengan bidang keahliannya.
2.2 Jenjang pada Program Studi Universitas Terbuka
Universitas terbuka memiliki empat fakultas dan satu program pascasarjana yang menawarkan lebih dari 30 program studi dengan jenjang yang bervariasi meliputi:
2.2.1 Program Magister yaitu suatu rancangan gelar akademis pada setiap strata 2 sebelum gelar doktor. Program magister yang ada di universitas terbuka yaitu:
1. Ilmu Administrasi Bidang Minat Administrasi Publik
UT memberi kesempatan kepada lulusan S1 dari berbagai bidang ilmu untuk mengikuti kuliah Pascasarjana UT pada program Magister Administrasi Publik (MAP-UT). Program Magister Administrasi Publik - UT mendidik mahasiswa menjadi kompoten dan profesional dalam memecahkan masalah publik yang kompleks dan cepat berubah. Karena itu, lulusan program MAP-UT akan menjadi administrator yang cakap menggunakan konsep dan teori administrasi publik untuk menciptakan organisasi publik yang efektif dan efesien
2. Manajemen
Program Magister Manajemen - UT mendidik mahasiswa menjadi kompoten dan profesional dalam memecahkan masalah publik yang kompleks dan cepat berubah. Karena itu, lulusan program MM-UT akan menjadi administrator yang cakap menggunakan konsep dan teori administrasi publik untuk menciptakan organisasi publik yang efektif dan efesien. Para pejabat dan aparat pemerintah atau pemda, anggota TNI/POLRI, pejabat dan pegawai. BUMN/BUMD, anggota DPR/DPD/DPRD, aktivis LSM, peneliti, serta profesional yang tidak bisa mengikuti kuliah dengan cara tatap muka sangat cocok mengikuti program pasca sarjana dengan sistem belajar jarak jauh ini.
3. Ilmu Kelautan Bidang Minat Manajemen Perikanan
UT memberi kesempatan kepada lulusan S1 dari berbagai bidang ilmu dan telah bekerja di bidang perikanan serta lulusan D-IV bidang perikanan untuk mengikuti kuliah Pascasarjana UT pada program Magister Ilmu Kelautan bidang minat Manajemen Perikanan (MMP-UT). Program Magister Manajemen Perikanan - UT mendidik mahasiswa menjadi kompeten dan profesional dalam menerapkan teori, menggunakan konsep dan melaksanakan praktek pengelolaan perikanan yang efektif dan efisien

4. Pendidikan Matematika

Program Magister Pendidikan Matematika (MPMT) UT dirancang untuk memberi kesempatan kepada lulusan S-1 Pendidikan Matematika baik yang berprofesi sebagai guru SMP/MTs, SMA/MA, maupun SMK/MAK, serta dosen perguruan tinggi yang ingin melanjutkan pendidikan pada jenjang S2. Program MPMT-UT mempunyai kurikulum yang didesain untuk menghasilkan guru/pendidik matematika yang profesional dan pengembang pendidikan bidang ilmu matematika yang mampu berpikir deduktif, logis, analisis, dan terstruktur dalam menyelesaikan masalah yang dihadapi sebagai guru/pendidik matematika.

2.2.2 Program Sarjana/S1 yaitu suatu rancangan gelar strata 1 yang dicapai oleh seseorang yang telah menamatkan pendidikan tingkat terakhir di perguruan tinggi. Universitas terbuka memiliki puluhan program sarjana yang terdapat pada empat fakultas yaitu Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan sebanyak 10 program sarjana, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik sebanyak 6 program sarjana, Fakultas Ekonomi sebanyak 3 program sarjana, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam sebanyak 5 program sarjana.
2.2.3 Program Diploma(D1, D2, D3 dan D4) .Universitas terbuka memiliki 4 program diploma yaitu Program Diploma 1 (D1) Pengolahan Lingkungan, Program Diploma 4 (D4) Kearsipan, Program Diploma 3 (D3) Perpajakan, Program Diploma 2 (D2) Perpustakaan
2.2.4 Program Sertifikat adalah suatu program untuk meningkatkan keprofesionalan pada suatu bidang. Program sertifikat yang ada di universitas terbuka meliputi Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing (BIPA) dan Administrasi Pemerintahan Daerah. Program Sertifikat Administrasi Pemerintah Desa di bentuk untuk meningkatkan kemampuan profesional aparatur desa sedangkan Universitas Terbuka membuka program sertifikat Bahasa Inggris yang menitikberatkan pada kemahiran menulis dan membaca. Hal ini dimaksudkan agar peserta program dapat melanjutkan studinya ke jenjang strata satu bidang minat penerjemahan yang ditawarkan UT mulai periode 2010.1. Sedangkan kemahiran berbicara akan diperkenalkan dalam tutorial tatap muka (TTM).
2.3 Fakultas Universitas Terbuka
Universitas terbuka memiliki 4 fakultas yaitu:
a. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
b. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
c. Fakultas Ekonomi
d. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
2.3.1 Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan(FKIP)
Sebagai salah satu fakultas di lingkungan perguruan tinggi negeri yang ke-45, seluruh program yang ditawarkan oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Terbuka telah memperoleh ijin resmi dari Dirjen Dikti. Saat ini, FKIP UT memiliki 5 jurusan dengan 12 program studi, beserta program pelatihan profesional kependidikan.
Program Sarjana Strata 1 (S1)
a. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
b. Pendidikan Bahasa Inggris
c. Pendidikan Biologi
d. Pendidikan Fisika
e. Pendidikan Kimia
f. Pendidikan Matematika
g. Pendidikan Ekonomi
h. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
i. Pendidikan Guru Sekolah Dasar(PGSD)
j. Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini(PGPAUD)
Program Sertifikat
• Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing (BIPA)
• Administrasi Pemerintahan Daerah
2.3.2 Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik(FISIP)
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) bertekad menjadi salah satu fakultas unggulandalam bidang ilmu sosial dan ilmu politik khususnya dalam penyelenggaraan pendidikan tinggi jarak jauh (PTJJ) di Asia tahun 2010 dan di dunia tahun 2020
Program Sarjana Strata 1 (S1)
a. Administrasi Negara
b. Administrasi Niaga
c. Ilmu Pemerintahan
d. Ilmu Komunikasi
e. Sosiologi
f. Sastra Inggris Bidang Minat Penerjemahan
Program Diploma 4 (D4)
• Kearsipan
Program Diploma 3 (D3)
• Perpajakan
Program Diploma 2 (D2)
• Perpustakaan
2.3.3 Fakultas Ekonomi(FEKON)
Fakultas Ekonomi (FEKON) memiliki tujuan Menghasilkan sumberdaya manusia yang ahli dan profesional dalam bidang ekonomi dan/atau ahli dalam pengambilan keputusan manajerial berdasarkan pertimbangan terintegrasi bidang fungsional pemasaran, keuangan, operasi, dan sumberdaya manusia dan/atau ahli dalam bidang keuangan serta masalah-masalahnya dalam entitas bisnis dan organisasi publik.
Program Sarjana Strata 1 (S1)
a. Ekonomi Pembangunan
b. Managemen
c. Akuntansi

2.3.4 Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam(FMIPA)
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Terbuka (FMIPA-UT) telah ada sejak UT didirikan, yaitu pada tahun 1984. Pada saat itu FMIPA-UT menawarkan Program Studi jenjang Strata 1 (S1) Statistika dan Matematika. Dalam perkembangannya, sesuai dengan kebutuhan masyarakat, saat ini FMIPA-UT menawarkan 6 (enam) Program Studi berjenjang S1, yaitu:
Program Sarjana Strata 1 (S1)
a. Matematika
b. Statistika
c. Biologi
d. Agribisnis Bidang Minat Penyuluhan dan Komunikasi Pertanian/Peternakan/Perikanan
e. Ilmu dan Teknologi Pangan
Program Diploma 1 (D1)
• Pengolahan Lingkungan








BAB III
PENUTUP
3.1 Simpulan
Program akademik adalah program system persekolahan yang hanya mempersiapkan sejumlah mata pelajaran yang diperuntukan bagi siswa yang ingin melanjutkan studi. Universitas terbuka memiliki empat fakultas dan satu program pascasarjana yang menawarkan lebih dari 30 program studi dengan jenjang yang bervariasi meliputi program magister, program sarjana, program diploma, dan program sertifikat. Universitas terbuka memiliki 4 fakultas yaitu: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Fakultas Ekonomi, dan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.
3.2 Saran
UT menerapkan sistem belajar jarak jauh dan terbuka yang memiliki puluhan program akademik. Dalam pengambilan program akademik diharapkan sesuai dengan kemampuan sehingga dapat memilih program akademik yang tepat. Universitas terbuka itu sendiri memiliki variasi jenjang program studi yang diharapkan meningkatkan keprofesionalan dari suatu bidang tertentu.









DAFTAR PUSTAKA

Doyin, Mukh, Warigan. 2010. Bahasa lndonesia Pengantar Penulisan Karya Ilmiah. Semarang:Unnes Press.
http://www.ut.ac.id/
http://www.ut.ac.id/fakultas-ut.html
http://www.ut.ac.id/fekon-ut.html
http://www.ut.ac.id/fisip-ut.html
http://www.ut.ac.id/fmipa-ut.html
http://www.ut.ac.id/fkip-ut.html
http://www.ut.ac.id/pascasarjana-ut.html
http://id.wikipedia.org/wiki/Universitas_Terbuka
http://www.ut.ac.id/katalog-ut-2011/387.html
http://www.scribd.com/doc/51152348/katalog-ut-nonpendas-2011
http://anton-djakarta.blogspot.com/2007/11/tentang-gelar-sarjana.html
http://www.poltekkesjakarta3.ac.id/?q=node/20
http://www.dikti.go.id/ketenagaan/2.%20pedoman-kaprodi%20cetak%20-%20firman.pdf

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

thank yaws