Selasa, 12 April 2011

teknologi dalam pengembangan kurikulum

Teknologi dalam pengembangan kurikulum
Pengembangan kurikulum merupakan upaya terhadap suatu nilai umum ,gagasan penting ,masalah ataupun kecakapan yang disekitar hal tersebut kegiatan dapat diorganisasikan.kriteria dalam pembuatan kurikulum teknologi yaitu (1) prosedur pengembangan yang digunakan harus ditinjau lagi dan disahkan oleh pengembang yang lain.(2)hasil yang dikembangkan sesuai dengan model yang dapat disalin harus menghasilkan hal yang serupa.namun,pusat revolusi teknologi dalam kurikulum adalah kepercayaan bahwa bahan kurikulum sendiri jika digunakan oleh siswa untuk siapa bahan itu dikembangkan akan menghasilkan kompetensi siswa yang khusus.

Tanggapan terhadap tuntutan ahli teknologi
Tenaga utama dalam produksi bahan kurikulum yaitu penerbit karena salah satunya dapat memasukan ide dan hasil pada masyarakat pendidikan sebelum mereka diuji dengan semestinya.penerbit buku teks biasanya mengizinkan bahan mereka dirancang dan dievaluasi secara intuitif dibandingkan secara sistematik.selanjutnya kita mengerjakan hal terbaik secara intuitif untuk mempersiapkan bahan yang produktif di dalam kelas yang kemudian diberikan suatu revisi yang kadang-kadang berisi lebih baik atau hanya berbeda saja
Meskipun mereka menyetujui dengan ahli teknologi bahwa ada kebutuhan akan penilaiaan yang lebih baik ,penerbit masih memiliki banyak pertanyaan.siapa akan melakukan uji lapangan pengembang ataukah badan di luarnya?terdiri dari apakah sampel yang pantas itu?maukah penghasil menerbitkan data lengkap atau hanya penemuan yang menyakinkan?
Lembaga pertukaran informasi hasil pendidikan(educational product information exchange institute ,EPIE)melaporkan adanya efek bahan atas waktu guru ,biaya,dan kepegawaian, dan menyatakan dimana verifikasi siswa mengenai bahan.
Dana federal telah mendukung pengembangan kurikulum teknologi pada sejumlah tempat.salah satu cirri penngembangan yang dimaksudkan oleh lembaga semacam itu adalah pada shouthwest regional laboratory for educational of reserch yang menunjukan usaha yang lebih ekstrinsik dilakukan pada merumuskan hasil,yaitu program kecakapan komunikasi,daripada merumuskan tujuan dan dorongan program.
Jenis kegiatan pengembangan yang perlu diupayakan adlah:
1.keputusan tentang isi dibuat.
2.ada keputusan umum tentang hakekat bahan
3.percobaan singkat dari bagian-bagian ,pengubahan dalam seleksi kata,format buku dan seni mencetak diupayakan.
4.bahan penunjang pengajaran ,seperti permainan,urutan praktek dan rencana pelajaran dikembangkan.
5.percobaan lapangan dimulai dengan latihan guru sederhana diikuti dengan pengamatan prosedur ruang kelas dan penggunaan-penggunaan teknik untuk memperoleh komentar guru.
6.baik komentar guru maupun hasil dari uji criteria sementara melengkapi revisi.

Unsur bersama dalam model ahli teknologi untuk pengembangan kurikulum
Ada lima unsure bersama dalam proses ahli teknologi tentang pengembangan kurikulum.
Perumusan.landasan gagasan untuk produksi tergantung pada keputusan bahwa produksi dibutuhkan.kebutuhan mungkin didasarkan pada pasaran perkiraan.
Spesifikasi,hasil dijamin baik untuk menjaga pengembangan produksi maupun untuk melengkapi dasar dasar untuk penilaiaan produksi.spesifikasi meliputi gambaran situasi atau stimuli pada mana siswa menanggami komponen.
Prototip,variasi dalam urutan belajar dihasilkan dan diuji coba dengan beberapa siswa.keputusan tentang format yang terdiri dari bagian-bagian atau bahan-bahan yang berlain-lainan ,media, dan organisasi dibuat selama fase ini.
Percobaan permulaan .bagian pengajaran diuji cobakan dengan sampel siswa untuk menentukan apakah komponen mencapai tujuannya dan menunjukan kelemahan.
Percobaan hasil,hasil digunakan dalam pengajaran sekolah yang ada .data yang dikumpulkan mengenai latihan ,maslah khusus dalam pelaksanaan dan hasil yang dicapai.
Hasil dalam pendekatan teknologi terhadap pengembangan kurikulum
Dari satu pihak,banyak tuntutan bahwa pendekatan teknologi mengarah pada hasil yang konsisten dengan kecenderungan awal siswa karena pengembang harus memberi perhatian pada siswa dan tidak percaya pada perencanaan berdasarkan teori saja.pendekatan juga dikatan untuk melengkapi prosedur pembuatan kurikulum yang dapat diulangi dengan cara yang sama dan dimanipulasi ,yang membantu kita mempelajari apa yang berlangsung dan apa yang tidak berlangsung.
Dari pihak lain,orang gelisah akan mahalnya biaya pendekatan teknologi yang telah mengakibatkan kebutuhan yang lebih besar untuk pembiayaan pemerintah.penyediaan uang semacam itu secara otomatis mencurigakan ketika orang takutr akan pengaruh pemerintah terhadap apa yang anak mereka pelajari dan memandang pengaruh federal sebagai bertentangan dengan perkembangan kurikulum setempat.juga pendekatatan logic ahli-ahli teknologi yang tujuan khusus telah disalahkan karena tak memperhitungkan pengaruh lebih kuat atas hasil pelajar daripada yang tercakup di dalamnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

thank yaws