Senin, 09 April 2012

naskah radio interaktif

Nama : Nur Aeni
NIM : 1102410024
Rombel :01
Mata Kuliah: Pengembangan Naskah Media Pembelajaran
TUGAS INDIVIDU
A. Tema : Pembelajaran IPA
B. Judul : Sumber Daya Alam dan Lingkungannya.
C. Latar Belakang
Indonesia adalah Negara yang kaya akan sumber daya alam. Kekayaan sumber daya alam tersebut terbentang dari sabang sampai merauke. Kekayaan tersebut dapat dilihat dari banyaknya pulau,lautan,sungai ,gunung dan masih banyak yang lainnya. Akan tetapi, tidak semua orang mampu menghayati betapa indahnya negeri ini dengan berbagai keanekaragaman makhluk hidup.
Manusia adalah makhluk hidup yang paling sempurna di dunia. Kesempurnaan yang dimiliki manusia tersebut harus digunakan secara tepat. Kesempurnaan tersebut tentunya harus mampu digunakan untuk segala aspek dalam kehidupan. Oleh karena itu, manusia harus mampu mengetahui tentang segala sumber daya alam yang ada di dunia. Pengetahuan tentang sumber daya alam sangat dibutuhkan untuk mengetahui seberapa besar potensi yang dimiliki oleh bumi terutama Indonesia dimana penuh akan kekayaan tempat tinggal kita. Potensi tersebut tentunya harus dijaga dengan memperhatikan kelangsungannya. Dengan mempelajari sumber daya alam maka dapat diketahui cara pemanfaatan sumber daya alam yang tepat sehingga tidak merugikan di kemudian hari. Apabila sumber daya alam tidak dapat dimanfaatkan sebagimana mestinya di khawatirkan sumber daya tersebut akan musnah secara cepat yang selanjutnya dapat mempengaruhi ekosistem yang ada di dunia.
Pengetahuan tentang sumber daya alam dan lingkungannya harus diketahui oleh manusia sejak usia dini. Pengetahuan tersebut sebagai wujud rasa cinta terhadap lingkungan dengan upaya menjaga kelestariannya. Pemerintah sebagai penanggung jawab dalam dunia pendidikan berusaha memberikan ilmu pengetahuan melalui pendidikan. Upaya tersebut dengan memasukan materi sumber daya alam ke dalam kurikulum di sekolah dasar . kurikulum tersebut dimasukan pada sekolah dasar kelas tiga karena dianggap anak sudah mampu memahami materi dan dapat diimplementasikan terhadap kehidupan sehari-hari.
Berdasarkan paparan di atas, maka sangatlah penting bagi individu untuk terus mempelajari lingkungan. Melalui pembelajaran yang ada di sekolah diharapkan siswa mampu mengetahui betapa besar sumber daya yang ada serta bagaimana pengolaannya.
D. Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang di atas , maka dapat ditarik rumusan masalah yaitu:
1. Apa pengertian sumber daya alam?
2. Bagaimana pengolahan sumber daya alam?
E. Tujuan
Adapun tujuan dari pembahasan sumber daya alam dan lingkungannya yaitu:
1. Siswa mengetahui pengertian sumber daya alam
2. Siswa mengetahui cara pengolahan sumber daya alam.
F. Ringkasan Materi
Lingkungan yang ada di dunia memiliki keanekaragaman sumber daya alam. Semua benda yang ada di sekitar berasal dari alam. Bahan-bahan alam yang dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan manusia disebut sumber daya alam. Contoh sumber daya alam, antara lain, air, tanah, hewan, dan tumbuhan. Setiap sumber daya alam dapat bermanfaat bagi manusia. Misalnya, kuda dimanfaatkan manusia sebagai kendaraan. Selain itu, sebagian orang memanfaatkan susunya sebagai obat.Kuda termasuk pada kelompok hewan.
Air merupakan sumber daya alam yang sering kamu manfaatkan. Di rumah, air digunakan untuk mencuci, memasak, dan minum.Air pun digunakan untuk berbagai kegiatan lainnya. Misalnya, mengairi sawah dan mengairi kolam ikan. Selain hewan dan air, masih banyak sumber daya alam lainnya. Beberapa sumber daya alam diolah terlebih dahulu sebelum dimanfaatkan.
Manusia memanfaatkan sumber daya alam setelah diolah. Susu diperoleh dengan memerah susu dari sapi. Pakaian diperoleh dari tumbuhan kapas. Begitu pula dengan beberapa benda lainnya. Untuk memperoleh manfaatnya, harus diolah dahulu. Seiring berjalannya waktu, jumlah penduduk semakin bertambah. Jumlah penduduk yang semakin banyak itu mengakibatkan kebutuhan hidup manusia bertambah besar. Misalnya, kebutuhan makan, pakaian, perumahan, dan kendaraan.
Usaha pemenuhan kebutuhan manusia menuntut perkembangan teknologi yang semakin maju. Teknologi pun menjadi maju karena manusia mengembangkan ilmu pengetahuan. Di rumah mungkin ada televisi atau komputer. Televisi dan komputer merupakan salah satu hasil kemajuan teknologi. Untuk dapat membuat barang-barang tersebut, diperlukan bahan-bahan. Bahan yang diperlukan itu diperoleh dari alam. Dapat dibayangkan berapa banyak sumber daya alam yang dibutuhkan untuk pengembangan teknologi.
NASKAH RADIO INTERAKTIF
No NAR/FX/PELAKU NARASI WAKTU
1. Guru “Selamat Pagi anak-anak?” 30”
2. Murid “Pagi ibu!” 15”
3. Guru “Sekarang kita akan mempelajari tentang sumber daya alam,buka halaman 12!” 45”
4. Murid “baik bu!” 10”
5. Guru “Lingkungan yang ada di dunia terdiri dari beraneka ragam sumber daya alam. Contoh sumber daya alam tersebut yaitu air,tanah,hewan dan tumbuhan” 1’
6. PAUSE 10”
7. Guru “ sumber daya alam itu sendiri yaitu bahan-bahan yang berasal dari alam yang dapat dimanfaatkan untuk kebutuhan manusia” 45”
8. PAUSE 10”
9. Guru “sumber daya alam itu sendiri terbagi menjadi dua jenis yaitu sumber daya alam yang dapat diperbaharui dan sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui” 45”
10. PAUSE 5”
11. Guru “ sumber daya alam yang dapat diperbaharui maksudnya sumber daya alam tersebut tidak akan habis jika dipakai secara terus menerus sedangkan sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui yaitu sumber daya alam yang apabila dipakai terus menerus akan punah” 1’
12. PAUSE 5”
13. Guru “ contoh sumber daya alam yang dapat diperbaharui yaitu tumbuhan dan hewan sedangkan contoh sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui yaitu batubara,minyak bumi” 30”
14. PAUSE 5”
15. Guru “sekarang saya akan mengetes kalian apakah sudah memahami yang saya jelaskan atau belum. Doni ! coba jawab pertanyaan ibu. 30”
16. PAUSE 3”
17. Guru “bahan-bahan yang berasal dari alam yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan manusia disebut?” 20”
18. Doni “sumber daya alam bu!” 10”
19. Guru “Ya… doni betul sekali!” 5”
20. PAUSE 5”
21. Guru “coba sebutkan salah satu contoh sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui!” 15”
22. Rina “batubara!” 5”
23. Guru “Benar…Pintar sekali rina!” 15”
24. PAUSE 10”
25. Guru “Baik,kita lanjutkan pelajaran kita…!” 15”
26. Murid “Baik bu!” 5”
27. Guru “ sumber daya alam yang kita gunakan












Sumber Referensi:

BSNP. 2006. Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam untuk Sekolah Dasar/ Madrasah Ibtidaiyah. Jakarta: Balai Pustaka.
S.Rosiawaty.2008.Senang Belajar Ilmu Pengetahuan Alam 3.Jakarta:Pusat Perbukuan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

thank yaws