Rabu, 18 April 2012

proposal pmw

PROGRAM MAHASISWA WIRAUSAHA UNNES TAHUN 2012
BUSINESS PLAN


Mr.CAKBO SEBAGAI ALTERNATIF SARAPAN PAGI
BAGI MAHASISWA UNNES




Judul Usaha : Mr.Cakbo Sebagai Alternatif Makanan Pagi Bagi Mahasiswa UNNES
Nama / No. Mhs. Ketua Tim : Nur Aeni/ 1102410024
Jurusan/ Prodi : Teknologi Pendidikan / Teknologi Pendidikan



FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG
MARET 2012
1. DATA PERUSAHAAN
1. Nama Perusahaan : Mr.Cakbo
2. Bidang Usaha : Penghasil barang
3. Jenis Produk : Makanan
4. Alamat Perusahaan : Jalan Kalimasada RT 03/RW III Banaran,Gunungpati
5. Nomor telepon : 081902904391
6. Alamat email : nur.aeni68@gmail.com

7. Situs web/ blog :

2. BIODATA PESERTA
a. Ketua
1. Nama : Nur Aeni
2. Jenis Kelamin : Perempuan
3. Tempat tanggal lahir : Brebes,23 Agustus 1992
4. NIM Lengkap : 1102410024
5. Jurusan/ Fakultas : Teknologi Pendidikan/FIP
6. Alamat Asal : Tegal Glagah RT02/RW III Kec.Bulakamba,Brebes
Alamat Kost Jalan Kalimasada RT 03/RW III Banaran,Gunungpati
7. No telp / HP : 081902904391
8. Email : nur.aeni68@gmail.com

9. Peran di bisnis ini : Ketua

b. Anggota
1. Nama : Tria Restu Intani
2. Jenis Kelamin : Perempuan
3. Tempat tanggal lahir : Pati, 2 Februari 1993
4. NIM Lengkap : 4201410062
5. Jurusan/ Fakultas : Fisika/FMIPA
6. Alamat Asal : Bulumanis Kidul RT 04/RW III Kec.Margoyoso,Kab.Pati
Alamat Kost Jalan Kalimasada RT 03/RW III Banaran,Gunungpati
7. No telp / HP : 085641852400
8. Email : restufis62@gmail.com

9. Peran di bisnis ini : Anggota


3. Executive Resume
Mr.Cakbo merupakan usaha makanan cakwe dan bolang-baling yang bahan dasarnya terbuat dari tepung terigu berprotein tinggi yang mengandung kadar protein antara 11%-13%.
1. Visi dan Misi
a. Visi
Memanfaatkan dan meningkatkan hasil olahan biji gandum berupa tepung terigu menjadi produk makanan yang bervariasi yang dapat diterima oleh masyarakat luas sebagai salah satu makanan alternatif pengganti cemilan yang mengandung protein tinggi.Menanamkan jiwa kewirausahaan kepada mahasiswa UNNES.
b. Misi
Untuk mewujudkan visi tersebut, maka ditetapkan misi-misi yang harus dilaksanakan, yaitu:
1) Memperkenalakan produk Mr.Cakbo yang berupa cakue dan bolang-baling kepada konsumen yaitu mempromosikan keunggulan produk dan manfaatnya bagi tubuh.
2) Meningkatkan kualitas produk Mr.Cakbo dari bahan yang digunakan ,rasa ,kebersihan produk dan nilai gizi yang terkandung.
3) Melakukan analisis pasar dengan menentukan sasaran pemasaran produk Mr.Cakbo
4) Memperluas akses pemasaran produk Mr.Cakbo
Mr.Cakbo yang berbahan dasar tepung terigu, dimana bahan dasarnya mudah diperoleh,harganya terjangkau oleh masyarakat dengan kandungan gizi yang tinggi.Selain itu pembuatan Mr.Cakbo ini akan membuka peluang bisnis atau usaha sampingan mahasiswa UNNES di sela-sela kesibukan kuliah untuk meningkatkan jiwa kewirausahaan dan menambah penghasilan mahasiswa.
Rencana pengembangan usaha Mr.Cakbo dengan cara mendistribusikan produk ke sekitar areal kampus UNNES yaitu di sekitar Kampus Akbid Bakti Husada.Kapasitas produksi minimal Mr.Cakbo yang direncanakan adalah sebanyak 250 cakwe dan 500 bolang-baling selama seminggu. Harga jual produk yaitu sebasar Rp.750,00 perbuah. Jadi dalam satu bulan dapat menjual 1.000 cakwe dan 2.000 bolang-baling . penjelasan tadi dapat ditarik kesimpulan bahwa dalam satu bulan diperoleh uang sebesar Rp 750.000,00 dari penjualan cakwe dan Rp 1.500.000,00 dari penjualan bolang-baling. Sehingga total hasil penjualan yaitu Rp 2.250.000,00 tetapi tidak menutup kemungkinan untuk adanya penambahan hasil penjualan karena akan dilihat terlebih dahulu dari banyaknya minat konsumen. Jika konsumen memiliki kepuasan yang tinggi tidak menutup kemungkinan untuk menambah hasil produksi lagi.
Usaha Mr. Cakbo hanya membutuhkan alat-alat yang tergolong sederhana dan mudah didapat sehingga dapat mempermudah dalam pencarian alat ketika memulai suatu usaha. Karena alat yang dibutuhkan sederhana jadi dapat memperkecil biaya yang digunakan untuk pembelian alat-alat produksi. Sumber dana dalam usaha Mr. Cakbo yaitu pinjaman dari UNNES untuk mengembangkan usaha ini sehingga usaha ini benar- benar membutuhkan bantuan dari pihak UNNES untuk dapat memulai usahanya. Dana yang dibutuhkan untuk membuka usaha ini yaitu Rp 2.959.000,00. Usaha ini diperkirakan dapat mengembalikan modalnya di bulan ke dua. Ketika mendapatkan dana ,maka diusahakan dana tersebut digunakan untuk melakukan pembelian alat-alat dan bahan secara langsung. Alat- alat yang dibeli dianggap sebagai investasi yang suatu saat nanti dapat dijual kalau diperlukan. Barang yang tergolong dalam asset yaitu gerobag dan kompor. System pengembalian modal dengan cara mencicil yaitu pada usaha ini diusahakan untuk menyisihkan setiap uang yang diperoleh untuk ditabung. Ketika uang sudah tercukupi maka akan disetorkan sebagai pembayaran uang peminjaman.

4. Analisa Ide Produk
Cakwe dan bolang baling adalah jenis makanan yang merupakan hasil olahan dari tepung terigu. Masyarakat sudah tidak asing lagi dengan produk ini karena sudah terbiasa mengkonsumsi cakwe dan bolang baling sebagai alternative mengenyangkan perut ketika lapar. Cakwe dan bolang-baling banyak digemari apalagi ketika seseorang tidak memiliki waktu untuk sarapan pagi maka akan memilih untuk membeli makanan ini karena kandungan karbohidratnya sehingga mampu memberikan tenaga dan mampu mengenyangkan.
Keunikan Produk yang kami tawarkan adalah produk dari segi bahan dasarnya yaitu Mr.Cakbo dibuat dengan tepung terigu berkualitas tinggi yang mudah di dapatkan. Selain itu usaha cakbo ini ketika nantinya sudah berkembang maka akan diadakan inovasi unggulan yaitu dengan adanya rasa yang berbeda-beda. Misalnya adanya rasa yang extra pedas,baberque serta rasa keju. Keunggulan tersebut akan dimulai setelah melihat pangsa pasar nanti yang akan dijalankan. Jika aneka rasa tersebut dapat dijalankan maka lebih dapat menarik minat dari konsumen sehingga mulailah timbuh kreativitas dan inovasi dalam usaha ini sehingga konsumen tidak mengalami kejenuhan.
Tempat yang mendukung dalam usaha ini juga dapat mempengaruhi eksistensi dari usaha yang akan dibangun. Oleh karena itu,tempat penjualan yang dicari yaitu lokasi yang banyak dilewati oleh mahasiswa dan dekat dengan jalan raya. Hal tersebut dimaksudkan untuk mempermudahkan siswa untuk melihat adanya usaha ini sehingga baik masyarakat ataupun mahasiswa dapat ikut serta menjadi konsumen. Tempat yang diincar dalam usaha ini yaitu di pertigaan patemon. Lokasi tersebut memenuhi criteria yang diinginkan apalagi dekat dengan rusunawa yang dihuni lebih dari 350 mahasiswa yang dapat dijadikan target konsumen. Potensi lain yang dimiliki oleh usaha ini yaitu belum adanya persaingan terhadap jenis produk yang dihasilkan. Di wilayah UNNES belum terdapat wirausaha yang menjual cakwe dan bolang-baling sehingga masih besar kemungkinan usaha ini untuk dapat merambah ke produk tersebut.
Selain memiliki peluang usaha ini juga memiliki resiko yang harus dihadapi dengan dicari solusinya.Beberapa resiko yang mungkin akan kami hadapi diantaranya adalah:
a. Persaingan
Sekarang ini banyak makanan yang diproduksi dari tepung terigu dengan beraneka olahan dan rasa.Usaha yang kami lakukan ini utuk menarik minat konsumen dengan melakukan promosiproduk secara berkesinambungan serta membuat produk denga tampilan menarik.Membagikan tester dengan selebaran yang menjelasan tentang keunggulan produk serta manfaatnya bagi kesehatan.
b. Daya Tahan Produk
Produk yang kami hasilkan dapat bertahan selama 1 hari saja.

5. Analisa Pemasaran
Produk cakwe dan bolang-baling yang ada di unnes adalah usaha yang belum ada pesaingnya. Jadi sangatlah jelas apabila usaha ini dijalankan maka memperoleh peluang yang besar dalam ketercapaian pasarnya. Tempat usaha yang akan dijalankan yaitu di daerah patemon dekat rusunawa. Tempat tersebut adalah salah satu tempat yang strategis karena letaknya yang dipinggir jalan dan dekat dengan kawasan kost mahasiswa UNNES. Target pembeli dari usaha Mr. Cakbo yaitu mahasiswa UNNES dan masyarakat sekitar terutama mahasiswa bidikmisi yang rata-rata jarang makan pagi dan lebih memilih untuk membeli makanan ringan disaat pagi hari.
Kegiatan promosi yang akan dilakukan pada usaha ini yang pertama dengan menyebarkan poster ke area kampus UNNES . penyebaran poster ini diharapkan mampu memberikan informasi kepada seluruh mahasiswa bahwa telah dibuka usaha Mr. Cakbo. Kedua, penyebaran poster di kost- kost an serta di areal tempat yang banyak dikunjungi masyarakat. Hal tersebut diharapkan dapat meningkatkan pamor dari usaha yang dilaksanakan. Ketiga, melakukan upaya dengan cara membuat suatu web ataupun grup dengan memperkenalkan usaha di dunia maya. Hal tersebut karena sebagian mahasiswa UNNES lebih sering melakukan searching sehingga media ini dianggap cukup efektif untuk menarik minat para pelanggan.
Penerapan harga yang dipakai yaitu dengan melihat kondisi di sekitarnya , dalam arti melihat usaha sejenis yang berada di daerah lain. Rata-rata harga cakwe dan bolang-baling yaitu Rp 750,00. Maka dari itu usaha ini juga akan menjual dengan harga tersebut. Harga tersebut mudah dijangkau untuk saku mahasiswa sehingga kemungkinan untuk banyaknya pembeli dari sisi mahasiswa sangat besar. Dipandang dari segi pesaing maka usaha ini sudah banyak ada,tetapi jika di daerah UNNES belum ada yang melirik sehingga sangat terbuka lebar usaha ini untuk dapat dilaksanakan. Peluang tersebut jangan sampai disia-siakan karena apabila tidak mengambil usaha tersebut sekarang maka akan diambil orang lain.
Dalam usaha pengembangan usaha maka akan dibuat outlet lain yang masih berada di sekitar kampus UNNES. Tempat tersebut di Akbid Abdi Husada. Tempat tersebut layak untuk dijadikan pengembangan usaha karena penjual yang berada di sekitar tempat tersebut yang masih sedikit. Oleh karena itu , pengembangan usaha tersebut cukup krusial dalam meningkatkan pendapatan.

6. Analisa Operasional
Strategi yang digunakan dalam melakukan produksi ini yaitu dengan memaksimalkan waktu yang ada. Pada malam hari akan melakukan pembuatan adonan dari cakwe dan bolang-baling. Ketika pagi hari sekitar jam 4 pagi maka sudah bersiap-siap untuk membuka toko karena usaha ini ditergetkan hanya untuk pagi hari saja. Usaha ini akan dilakukan sendiri oleh pemilik usaha sehingga tidak membutuhkan karyawan. Karyawan akan diperlukan ketika usaha ini sudah berkembang dan membuka outlet di tempat lain. Bahan baku yang akan diperlukan dalam usaha ini tergolong sederhana dan mudah didapatkan di took-toko kue. Oleh karena itu ,kemudahan dalam mendapatkan bahan baku dapat dijadikan nilai plus dalam usaha yang akan dijalankan ini.
1. Bahan dan Alat Produksi
No Nama Barang Jumlah Harga Satuan(Rp) Harga(Rp)
1 Kompor 1 buah 400.000 400.000
2 Wajan 2 buah 50.000 100.000
3 Alat Penggorengan 2 set 20.000 40.000
4 Baskom 2 buah 10.000 20.000
5 Talenan 1 buah 5.000 5.000
6 Pisau 2 buah 2.000 4.000
7 Plastik Pembungkus 2 pack 2.000 4.000
8 Gerobag 1 buah 1.500.000 1.500.000
9 Izin tempat 400.000 400.000
Jumlah 2.473.000

Tabel 1. Tabel Biaya Investasi Awal dan Perlengkapan

Usaha pembuatan Mr.Cakbo membutuhkan bahan baku berupa tepung terigu yang mudah untuk didapatkan.Bahan pendukung antara lain air, baking powder, baking soda, garam, gula pasir, amoniak kue, wijen.Peralatan yang digunaka antara lain kompor,wajan, baskom, talenan, pisau, plastik pembungkus.
Tabel. Kebutuhan Bahan Baku dan Pendukung Tiap Produksi seminggu sebanyak 500 buah bolang baling
No Nama Barang Jumlah Harga Satuan(Rp) Satuan Harga Total(Rp)
1 Tepung Terigu 12,5 kg 12.000 Kg 150.000
2 Baking Powder 150 gram 10.000 Kg 1.500
4 Garam 5 bungkus 500 bungkus 2.500
5 Gula Pasir 2,5 kg 10.000 Kg 25.000
6 Amoniak Kue 100 gram 5.000 Kg 500
7 Minyak Goreng 3 liter 11.000 Liter 33.000
8 Wijen 5 bungkus 5.000 bungkus 25.000
Jumlah 237.500
Tabel 2. Tabel Kebutuhan Bahan Baku dan Pendukung Bolang-baling.
Kebutuhan Bahan Baku dan Pendukung Tiap Produksi seminggu sebanyak 280 buah cakwe
No Nama Barang Jumlah Harga Satuan(Rp) Satuan Harga Total(Rp)
1 Tepung Terigu 7 kg 12.000 Kg 84.000
2 Baking Powder 150 gram 10.000 Kg 1.500
4 Garam 5 bungkus 500 bungkus 2.500
5 Baking Soda 250 gram 10.000 Kg 2.500
6 Air 1 galon 5.000 galon 5.000
7 Minyak Goreng 3 liter 11.000 Liter 33.000
Jumlah 128.500
Tabel 3. Tabel Bahan Baku dan Bahan Penolong Cakwe
Selain kebutuhan investasi dan bahan baku serta bahan penolong dibutuhkan juga biaya yang digunakan untuk operasional usaha selama 1 bulan. Berikut ini akan ditampilkan biaya operasional.
No Nama barang jumlah Harga satuan(Rp) satuan Total(Rp)
1 Tabung gas 4 15.000 tabung 60.000
2 listrik 1 20.000 20.000
3 plastik 20 2.000 pack 40.000
Jumlah Biaya Operasional 120.000
Tabel 4. Tabel Biaya Operasional
2. Proses Produksi
Proses pembuatan Mr.Cakbo yaitu :
1) Proses Pembuatan Cakwe
a. Memasukkan baking powder, baking soda dan garam ke dalam baskom kemudian memasukkan air dan mengaduk rata.memasukkan terigu dan mengaduk rata.Membiarkan bahan yang tercampur tersebut selama 15-20 menit.
b. Mengambil adonan yang dipinggir baskom kemudian memindahkan ke tengah-tengah adonan.Membiarkan adonan selama 15-20 menit.melakukan hal ini secara terus menerus 3-4 kali sampai adonan menjadi halus dan elastis.
c. Membalik adonan dan member sedikit minyak di permukannya agar adonan tetap lembab.Membiarkan selama 1 jam.
d. Mengangkat adonan dari baskom kemudian membungkus dengan plastik tiap 0,5 kg dan membentuknya menjadi persegi panjang.Mendiamkan adonan selama 4 jam.
e. Membuka bungkus plastic adonan
f. Menekan adonan dan membentuknya menjadi persegi panjang dengan lebar 6 cm dan tebal 15 mm.menggunakan batang kayu bulat.
g. Memotong adonan pipih tersebut selebar 0.75 cm sampai habis.Meletakkan satu potongan dengan satu potongan menjadi dua kemudian menggunakan tusuk sate untuk menekan bagian tengahnya yang memanjang sehingga potongan menempel menjadi satu.Menyelesaikan semua potongan.
h. Memanaskan minyak di wajan untuk menggoreng potongan adonan dengan api sedang.Mengambil kedua ujung potongan dengan menggunakan dua tangan kemudian menarik sampai kira-kira 20 cm.
i. Memasukkannya ke dalam penggorengan dan menggoreng hingga cakwe mengembang dan bolak-balik hingga cakwe menjadi kecoklatan.
j. Cakwe siap untuk dipasarkan
2) Proses Pembuatan Bolang-baling
a. Mencampurkan dan mengaduk bahan I yaitu tepung terigu protein tinggi dan baking powder.
b. Mencampurkan dan mengaduk bahan II yaitu gula pasir, garam, amoniak kue, dan air hingga semua bahan larut.
c. Mencampurkan bahan I dan bahan II dan mengaduknya selama 10 menit hingga kalis.
d. Mendiamkan adonan selama 30 menit dan menutupnya dengan plastik.
e. Mengaduk kembali adonan selama 5 menit
f. Menutup rapat adonan dengan plastic kemudian mendiamkannya selama 14 jam.
g. Mencampur dan mengaduk wijen dan gula pasir hingga rata.
h. Mengambil adonan dan membentuknya menjadi kotak.
i. Mengolesi permukaan adonan dengan air kemudian menggulingkan di atas campuran gula pasir dan wijen.
j. Menggoreng adonan dengan minyak panas 185°C hingga matang.
k. Bolang-baling siap untuk dijual.

Desain struktur organisasi usaha Mr. Cakbo












Bagan1. Bagan Organisasi Mr. Cakbo

7. Target Usaha
Omzet pada usaha ini yaitu setiap bulannya 1.000 cakwe dan 2.000 bolang baling dengan harga Rp 750,00 per buah. Perolehan penjualan yaitu Rp 2.250.000,00 dengan pengeluaran produksi sebesar Rp 1.464.000,00 selama satu bulan sehingga dapat diperoleh laba sebesar Rp 786.000,00 dalam satu bulan. Strategi dalam pelaksanaan produksi yaitu dengan memaksimalkan waktu yang ada. Karena tidak memerlukan tenaga karyawan jadi usaha ini dapat meringankan biaya operasional. Aset yang dimiliki usaha ini jika dijalankan yaitu berupa kompor gas dan gerobag yang suatu saat nanti dapat dijual. Aset yang dimiliki dapat dijadikan suatu investasi dalam usaha untuk menjadi dana cadangan jika suatu saat nanti dibutuhkan.
Pemasaran produk cakwe dan bolang-baling tidak memerlukan biaya yang tinggi karena usaha ini adalah usaha menetap jadi pembeli yang dating untuk membeli produk. Karena system penjualan di tempat maka harus ada advertising, yaitu menyebarkan poster tentang pembukaan usaha ini. Usaha ini tergolong baru di wilayah UNNES sehingga harus benar-benar memperhatikan kualitas dari produk. Pelanggan adalah raja di dalam suatu usaha maka pelayanan yang baik adalah icon dari suatu perusahaan. Usaha Mr. Cakbo berusaha memberikan pelayanan yang menarik dengan keramahan dan kesemangatan dari penjual yang diharapkan dapat menarik minat dari pembeli.
Keuangan pada usaha ini akan dipegang bersama antara ketua dan anggota. Hal tersebut dimaksudkan untuk menimbulkan adanya keterbukaan . analisis keuangan akan dibahas dalam bahasan dibawah pembahasan ini. Keuangan Mr. Cakbo diusahakan terlebih dahulu untuk melunasi uang peminjaman modal sehingga tidak terikat utang nantinya dan usaha dapat berkembang.
Pengembangan usaha yang akan dilaksanakan yaitu dengan membuka cabang outlet baru ketika usaha awal sudah mencapai titik impas dan seluruh utang sudah terbayar. Apabila peminjaman modal sudah terlunasi maka dapat membuka outlet di daerah akbid dengan harapan mampu memberikan nilai tambah usaha.

8. Analisa Keuangan
1. Analisis Keuangan dan Pendapatan
Produk yang dihasilkan selama
a. 1 minggu :750 buah
b. 1 bulan :750 x 4 = 3.000 buah
c. 6 bulan :3.000 x 6 =18.000 buah
Harga penjualan selama 6 bulan
18.000 buah X 750 = 13.500.000
Total penjualan = Rp 13.500.000
Total biaya produksi = (237.500 x 4 x 6) + (128.500 x 4 x 6)
= Rp 5.700.000 + Rp 3.084.000.000
= Rp 8.784.000
Keuntungan tiap 6 bulan = Total penjualan – Total biaya produksi
= Rp 13.500.000 – Rp 8.784.000
= Rp 4.716.000
2. Analisis Kekayaan Usaha
a. BEP(Break Even Point)
BEP volume produksi Bacri Express = total biaya
harga

= Rp 2.959.000
Rp 750
= 3.946 buah
Jadi pada tingkat volume produksi 3.946 bungkus, usaha ini berada pada titik impas. BEP ini terjadi setelah berproduksi selama 2 bulan.
b. B/C Ratio
B/C Ratio = hasil penjualan
total biaya produksi
= Rp 13.500.000
Rp 8.784.000
= 1,54
Karena ratio lebih besar dari satu, maka usaha ini layak untuk dijalankan. Artinya satuan biaya yang dikeluarkan diperoleh dari hasil penjualan sebesar 1,54 kali lipat.
c. ROI (Returm Of Invention)
ROI = Keuntungan
Total biaya
= Rp 4.176.000
Rp 8.784.000
= 0,46 %
Usaha ini banyak dikembangkan karena setiap pembiayaan Rp.1.000.000, diperoleh keuntungan sebesar 0,46 %
d. Perhitungan pengembalian modal (masa kerja 6 bln)
Pengembalian = keuntungan + penyusutan x 100 %
Jumlah total investasi awal
= Rp 4.176.000 + Rp. 150.000 x 100 %
Rp 2.473.000
= 174,93 %
Artinya modal usaha ini akan terlunasi sebesar 174,93 % setiap tahun. Berdasarkan analisis kelayakan diatas maka investasi tersebut layak untuk dilaksanakan. Gambaran usaha yang direncanakan benar-benar menjanjikan untuk memperoleh hasil atau profit ini berpeluang bagi kalangan mahasiswa untuk menciptakan keterampilan berwirausaha yang berorientasi pada profit.

RENCANA ARUS KAS (CASH – FLOW) BULANAN
RENCANA ARUS KAS (dalam ribuan rupiah)
Mr. Cakbo
UNTUK TAHUN 2012

Apr 12 Mei 12 Jun 12 Jul 12 Agst 12 Sep 12 Okt 12 Nov 12 Des 12
A. PENERIMAAN
Penerimaan Penjualan 2.250.000 2.250.000 2.250.000 2.250.000 2.250.000 2.250.000 2.250.000 2.250.000 2.250.000
Penerimaan Pinjaman 2.959.000
Sub Total Penerimaan 5.209.000
B. PENGELUARAN
Kompor 400.000
Wajan 100.000
Alat Penggorengan 40.000
Baskom 20.000
Talenan 5.000
Pisau 4.000
Plastik Pembungkus 4.000
Izin tempat 400.000
Gerobag 1.500.000
Tepung Terigu 936.000 936.000 936.000 936.000 936.000 936.000 936.000 936.000 936.000
Baking Powder 12.000 12.000 12.000 12.000 12.000 12.000 12.000 12.000 12.000
Baking Soda 10.000 10.000 10.000 10.000 10.000 10.000 10.000 10.000 10.000
Amoniak Kue 2.000 2.000 2.000 2.000 2.000 2.000 2.000 2.000 2.000
Gula Pasir 100.000 100.000 100.000 100.000 100.000 100.000 100.000 100.000 100.000
Garam 20.000 20.000 20.000 20.000 20.000 20.000 20.000 20.000 20.000
Air 20.000 20.000 20.000 20.000 20.000 20.000 20.000 20.000 20.000
Wijen 100.000 100.000 100.000 100.000 100.000 100.000 100.000 100.000 100.000
Minyak Goreng 264.000 264.000 264.000 264.000 264.000 264.000 264.000 264.000 264.000
Tabung Gas 60.000 60.000 60.000 60.000 60.000 60.000 60.000 60.000 60.000
LIstrik 20.000 20.000 20.000 20.000 20.000 20.000 20.000 20.000 20.000
Plastik 40.000 40.000 40.000 40.000 40.000 40.000 40.000 40.000 40.000
Sub Total Pengeluaran 4.057.000 1.584.000 1.584.000 1.584.000 1.584.000 1.584.000 1.584.000 1.584.000 1.584.000
C. SELISIH KAS 666.000 666.000 666.000 666.000 666.000 666.000 666.000 666.000
D. SALDO KAS AWAL 0 1.152.000 1.818.000 2.484.000 3.150.000 3.816.000 4.482.000 5.148.000 5.814.000
E. SALDO KAS AKHIR
(plus prediksi penerimaan) 1.152.000 1.818.000 2.484.000 3.150.000 3.816.000 4.482.000 5.148.000 5.814.000 6.480.000

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

thank yaws