Sabtu, 22 Oktober 2011

bagan keterkaitan standar proses pendidikan dengan standar yang lainnya

TUGAS DESAIN DAN STRATEGI PEMBELAJARAN
STANDAR PROSES PENDIDIKAN










Disusun oleh :
1. Nur Aeni (1102410024)
2. Rafika Dwi Amaliya (1102410056)



JURUSAN KURIKULUM DAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG
2011



1. Bagan Keterkaitan antara Standar proses pendidikan dengan standar lainnya










Maksud dari bagan tersebut yaitu bahwa di dalam standar proses pendidikan di pengaruhi oleh semua standar yang lainnya. Pertama, hubungan antara standar proses dengan standar isi yaitu pada standar proses dijelaskan bahwa standar proses itu sendiri adalah standar nasional pendidikan yang berkaitan dengan pelaksanaan pembelajaran pada satu satuan pendidikan untuk mencapai standar kompetensi lulusan. Sedangkan standar isi mencakup lingkup materi dan tingkat kompetensi untuk mencapai kompetensi lulusan pada jenjang dan jenis pendidikan tertentu. Jadi sudah jelas bahwa dalam pelaksanaan standar proses harus sesuai dengan standar isi agar sesuai dengan tujuan penyampaian kompetensi pembelajaran.
Kedua, dalam standar proses juga harus memperhatikan standar pendidik dan tenaga kependidikan karena dengan memperhatikan hal tersebut proses pendidikan menjadi lebih efektif dan efisien apalagi dengan adanya pendidik dan tenaga kependidikan yang sesuai maka pembelajaran menjadi lebih bermutu karena memiliki orang- orang yang kompeten di bidangnya.
Ketiga, standar pengelolaan yang baik akan berpengaruh terhadap standar proses Karena pada standar pengelolaan diatur masalah pengelolaan sekolah,stategi pembelajaran yang digunakan sehingga berpengaruh terhadap proses pendidikan. Keempat, standar penilaian pendidikan dilakukan secara berkesinambungan untuk memantau proses, kemajuan, dan perbaikan hasil dalam bentuk ulangan harian, ulangan tengah semester, ulangan akhir semester, dan ulangan kenaikan kelas.Penilaian digunakan untuk: menilai pencapaian kompetensi peserta didik; bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar; dan memperbaiki proses pembelajaran. Jadi hal ini jelas sangat berpengaruh terhadap standar proses sebagai bagian evaluasi seberapa besar keberhasilan dari proses pendidikan.
Kelima, Standar kompetensi lulusan digunakan sebagai pedoman penilaian dalam penentuan kelulusan peserta didik dari satuan pendidikan. Dengan adanya standar kompetensi lulusan proses pembelajaran lebih jelas untuk mengetahui kompetensi apa saja yang harus dikuasai oleh seorang peserta didik sehingga proses pembelajaran tepat pada sasaran. Keenam, Setiap satuan pendidikan wajib memiliki sarana yang meliputi perabot, peralatan pendidikan, media pendidikan, buku dan sumber belajar lainnya, bahan habis pakai, serta perlengkapan lain yang diperlukan untuk menunjang proses pembelajaran yang teratur dan berkelanjutan. Hal ini berkaitan dengan kelangsungan dari proses pembelajaran, dengan adanya sarana dan prasarana yang memadai proses pembelajaran menjadi lebih interaktif apalagi bagi siswa SD yang masih membutuhkan proses pembelajaran yang kongkret . Ketujuh, pembiayaan pendidikan terdiri atas biaya investasi, biaya operasi, dan biaya personal. Biaya investasi satuan meliputi biaya penyediaan sarana dan prasarana, pengembangan sumberdaya manusia, dan modal kerja tetap. Biaya personal sebagaimana meliputi biaya pendidikan yang harus dikeluarkan oleh peserta didik untuk bisa mengikuti proses pembelajaran secara teratur dan berkelanjutan. Dengan adanya pembiayaan yang jelas proses pembelajaran lebih aktif apalagi ketika dalam pembelajaran membutuhkan sarana dan prasarana.
2. Tiga standar minimal yang harus dimiliki guru dalam pengimplementasian standar proses pendidikan
Standar isi, standar kompetensi lulusan dan standar pendidik dan tenaga kependidikan adalah tiga standar minimal yang harus dimiliki seorang guru dalam pelaksanaan standar proses pendidikan. Standar isi meliputi ruang lingkup materi dan tingkat kompetensi yang dituangkan dalam kriteria tentang kompetensi tamatan, kompetensi bahan kajian, kompetensi mata pelajaran, dan silabus pembelajaran yang harus dipenuhi oleh peserta didik pada jenjang dan jenis pendidikan tertentu. Ketika seorang guru mengetahui hal tersebut minimal seorang guru dapat memahami tentang lingkup materi yang akan disampaikan terhadap peserta didik sehingga proses pembelajaran sesuai dengan silabus yang telah dibuat. Standar kompetensi lulusan adalah kualifikasi kemampuan lulusan yang mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Dengan adanya standar kompetensi lulusan tentu saja dalam proses pembelajaran harus mencapai tujuan tersebut yaitu pendidikan harus mampu meningkatkan seluruh kemampuan yang ada pada diri manusia dan tidak hanya mementingkan dari segi kognitif saja . Maka seorang guru harus dapat mengeksplor seluruh kemampuan yang dimiliki oleh peserta didik. Untuk mewujudkan hal tersebut maka diperlukan adanya standar pendidik dan tenaga kependidikan yang memiliki criteria pendidikan prajabatan dan kelayakan fisik maupun mental, serta pendidikan dalam jabatan. Oleh karena itu, hendaknya proses pendidikan ditangani oleh orang yang ahli dalam bidangnya dan tidak hanya dari sembarang orang. Dengan adanya pendidik dan tenaga kependidikan yang baik maka proses pembelajaran menjadi lebih berarti karena memiliki sumber yang baik dalam mencapai tujuan pendidikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

thank yaws